nusabali

Jaringan Kabel dan Pompa PDAM Rusak, Ribuan Pelanggan Krisis Air Bersih

  • www.nusabali.com-jaringan-kabel-dan-pompa-pdam-rusak-ribuan-pelanggan-krisis-air-bersih

Tidak ada cara lain, untuk memenuhi kebutuhan air. Masyarakat harus turun menelusri sungai dengan medan cukup curam.

BANGLI, NusaBali 
Pelanggan Perumda Air Minum Tirta Danu Arta (PDAM) Bangli di Desa Peninjoan, Kecamatan Tembuku, Bangli, khususnya Peninjoan bagian timur, tidak teraliri air sejak beberapa hari terakhir. Penyebabnya, pendistribusian air  terganggu karena kerusakan pompa dan jaringan kabel.

Menurut warga gangguan pasokan air sudah berlangsung sejak lima hari terakhir. Kondisi ini tentu sangat dirasakan masyarakat, khususnya  yang memelihara ternak.

Ditengah sulitnya air,  warga terpaksa mencari air di sumber air Petirtaan Alas Petapan. "Tidak ada cara lain, untuk memenuhi kebutuhan air. Masyarakat harus turun menelusri sungai dengan medan cukup curam,” ungkapnya, Minggu (31/3).

Kasubag Perencanaan Teknis Perumda Air Minum Tirta Danu Arta, Bangli, I Wayan Gunawan saat dikonfirmasi, membenarkan terganggungnya pendistribusian air bagi pelanggan yang ada diwilayah Desa Penjoan  bagian Timur  meliputi banjar Dadem, Penarukan, Pulasari dan Kebon sejak beberapa hari terakhir. Total jumlah pelanggan terdampak sekitar 1.500 pelanggan. "Terganggu pendistribusian air karena terjadi kerusakan pada pompa dan jaringan kabel," jelasnya.

Lanjutnya, kerusakan mesin pompa lebih dikarena terjadinya spaining atau tegangan listrik yang tidak stabil. Sedangkan untuk kabel putus karena tertimpa  dahan pohon yang tumbang. 

Untuk perbaikan, pihaknya masih harus menunggu datangnya piranti pengganti. Diperlukan waktu untuk datangkan komponen pengganti karena alat ditangkan dari luar. "Jika tidak ada halangan dalam kurun waktu (3-4) hari kedepan alat baru datang. Diperlukan waktu  juga untuk proses pemasangan," sebutnya.7esa

Komentar