nusabali

Helm Full Face: Pilihan Tepat untuk Keamanan dan Gaya

  • www.nusabali.com-helm-full-face-pilihan-tepat-untuk-keamanan-dan-gaya

DENPASAR, NusaBali.com - Helm merupakan salah satu perlengkapan berkendara yang cukup penting untuk menunjang keamanan dan keselamatan pengendara sepeda motor. Oleh karena itu, penggunaan helm saat berkendara merupakan hal yang wajib dipatuhi oleh setiap pengendara dan sudah diatur dalam aturan tata tertib berlalu lintas.

Selain sebagai alat keselamatan, helm juga ternyata sudah digunakan sebagai aksesoris yang bisa menunjang penampilan berkendara anda.

Ada tiga jenis helm yang dikenal memiliki desain yang unik dengan ditambah beberapa fitur pendukung. Tiga jenis helm tersebut terdiri dari, full face, open face, dan half face.

Pada kesempatan ini, kita akan lebih membahas karakteristik dari jenis helm full face. 

Sebagaimana diketahui, fitur pendukung yang sangat khas pada jenis helm full face terletak pada chin bar bagian depannya. Ini yang membedakan jenis full face dengan jenis helm lainnya, semisal open face dan half face.

Diajeng Armadi (26), owner Toko Helm Custom 69 Denpasar, Rabu (19/12/2023) menambahkan bahwa fitur chin bar pada jenis full face bisa memberikan tingkat keamanan yang lebih bagi para penggunanya, ketika berkendara. 

“Full face itu jelas lebih safety, karena dia kan cover untuk semua bagian muka. Jadi untuk bagian dagu, lebih protect. Kalau pasang kaca juga, kan bagian wajah juga lebih protect juga,” jelas Diajeng.

Maka dari itu, ada baiknya kita mengenal beberapa model helm full face yang tersebar di berbagai tempat penjualan:

1. Biltwell
Model helm ini cukup familiar di kalangan bikers. Keunggulan dari helm Biltwell adalah pada sisi desainnya yang terkenal lebih simpel dibanding model helm full face lainnya. Tampilannya Ini menjadikan Biltwell bisa matching dengan jenis motor apapun.

Di samping itu, sisi depan dari helm tersebut juga tampak lebih padat. Oleh karena itu, jenis ini akan sangat diminati oleh mereka yang menyukai kenyaman dan keamanan dalam berkendara.

2. Built
Desain keseluruhan pada bagian shell dari model Built, sekilas hampir menyerupai Biltwell. 

Namun, jika diperhatikan secara seksama, perbedaan antara keduanya terletak pada ukuran tinggi chin bar. 

Tinggi chin bar pada tipe Built jauh lebih pendek jika dibandingkan dengan chin bar Biltwell. “Jadi, dia beda di ketinggian bagian depannya,” jelas Diajeng Armadi.

3. Cakil
Model lain yang tidak kalah menarik adalah Cakil. Cakil memiliki keunikan tersendiri pada desain Chin Bar. 

Keunikannya terletak pada bentuk desainnya yang sedikit lebih meruncing. Bentuk tersebut semakin menambah kesan sporty dari model helm yang satu ini.

Menurut Diajeng, model Cakil sering diminati oleh para pengendara motor sport.

Selain unggul dari segi tampilannya yang lebih sporty, terdapat juga penambahan fitur kanopi nya. 

Mengingat ada beberapa model Cakil yang tidak memiliki visor, tambahan fitur kanopi ini sangat penting sebagai pelindung terhadap kotoran dari luar. “Ini biasanya untuk motor-motor yang lebih sporty atau custom,” ucap Diajeng.

4. Moto 3
Tampilan desain untuk model Moto 3 juga sekilas hampir sama dengan desain Cakil. Letak persamaan itu terdapat pada lekukan chin bar yang sedikit memanjang dan melengkung.

Letak perbedaan yang bisa dijumpai pada kedua model tersebut adalah pada segi desain ujung chin bar nya. Untuk model cakil sendiri, ujung chin bar terlihat mendatar dengan sedikit penambahan chin vent. 

Sedangkan desain chin bar pada moto 3 terlihat lebih lancip. *ol4

Komentar