nusabali

Vaksinasi Rabies, Pemkab Anggarkan Ratusan Juta

  • www.nusabali.com-vaksinasi-rabies-pemkab-anggarkan-ratusan-juta

BANGLI, NusaBali - Anggaran tahun 2024, Pemkab Bangli kembali mengalokasikan dana Rp 165.565.000 untuk vaksinasi dan eliminasi hewan penyebar rabies. Nilai tersebut sama dengan anggaran tahun 2023.

Kepala Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan (PKP) Bangli I Wayan Sarma  mengatakan dalam hal penanggulangan penyebaran penyakit rabies  telah dilakukan berbagai upaya.  Diantaranya, mengoptimalkan pelaksanaan vaksinasi  dan juga melakukan eliminasi secara selektif dan tertarget.
 
Kata Sarma, untuk kegiatan vaksinasi didukung sebanyak 35 orang petugas dan 5 orang petugas eliminasi. “Para petugas yang melakukan vaksinasi dan eliminasi sebelumnya telah mendapat pelatihan," jelasnya.

Menurut Wayan Sarma, dalam menjalankan tugasnya  untuk petugas vaksinasi dan eliminasi  dibayar  Rp 10.000  per ekor. Dengan estimasi  jumlah populasi anjing  sebanyak  59.346 ekor yang tersebar di empat kecamatan.

"Tahun 2024 anggaran operasional vaksinasi rabies sebesar Rp 165.565.000," jelasnya Kamis (14/12). Sementara untuk vaksin didukung oleh Pemerintah pusat dan provinsi.

Dikatakan, keberhasilan dalam menekan kasus rabies yang terjadi butuh dukungan penuh masyarakat. Salah satunya cara yakni  rutin melakukan vaksinasi, dalam memelihara anjing agar tidak diliarkan. "Kami mengapresiasi desa–desa yang telah memilki pararem terkait penanggulangan rabies," sebutnya.

Capaian vaksinasi hingga awal Desember sebanyak 31.936 ekor. "Untuk pemenuhan vaksin kita mendapat droping vaksin dari Provinsi kita di daerah memang tidak menganggarkan pengadaan vaksin rabies,” sambungnya.

Jumlah kasus positif rabies pada anjing, kata  Wayan Sarma, sesuai dengan data jumlah kasus  di tahun 2022 sebanyak 76 kasus. Sementara hingga tanggal 7 Desember 2023 ditemukan sebanyak 69 kasus positif rabies.7esa

Komentar