nusabali

Gerai Pasar Rakyat Bantu Pemerintah Kendalikan Inflasi

  • www.nusabali.com-gerai-pasar-rakyat-bantu-pemerintah-kendalikan-inflasi

SINGARAJA, NusaBali - Gerai Pasar Rakyat di Pasar Anyar, Kelurahan Kampung Kajanan, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, telah rampung dibangun dan dipelaspas, Kamis (7/12). Gerai tersebut siap beroperasi membantu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng mengendalikan inflasi.

Sejumlah bahan pokok seperti beras, bawang merah, bawang putih, minyak goreng, cabai, dan yang lainnya, dijual di gerai tersebut dengan dikelola oleh Dinas Perdagangan Perindustrian dan Koperasi UKM (Dagperinkop UKM) Buleleng, bekerja sama dengan Perumda Pasar Arga Nayottama.

Kepala Dinas Dagperinkop UKM Buleleng, Dewa Made Sudiarta berharap gerai itu dapat menjadi instrumen pengendali inflasi di Kabupaten Buleleng, di samping peran pemerintah mewujudkan stabilisasi harga bahan pokok. Melalui Gerai Pasar Rakyat, Sudiarta juga berharap ketersediaan bahan pokok akan senantiasa mencukupi, terutama bahan pokok yang harganya fluktuatif.

"Kami bersinergi, perannya kita melalui pemantauan harga-harga, komoditi-komoditi yang menyebabkan inflasi nanti akan disediakan, bermitra dengan pedagang-pedagang," kata Sudiarta.

Direktur Utama Perumda Pasar Arga Nayottama I Putu Suardhana mengatakan, kehadiran Gerai Pasar Rakyat ini tidak sebagai pesaing bagi pedagang, namun hadir sebagai instrumen pengendali inflasi melalui intervensi harga. Informasi terkait harga bahan pokok yang wajar juga akan dipublikasikan melalui layar videotron yang terpasang di depan Gerai Pasar Rakyat.

Informasi harga bahan pokok yang ditampilkan diharapkan dapat menjaga stabilitas harga bahan pokok. Adapun waktu operasional Gerai Pasar Rakyat mulai dari pukul 06.00 sampai 11.00 Wita. 7mzk

Komentar