nusabali

THR ASN Dipastikan Cair Minggu Ini

Pemkab Anggarkan Rp 13 Miliar Lebih

  • www.nusabali.com-thr-asn-dipastikan-cair-minggu-ini

SINGARAJA, NusaBali - Pemerintah Kabupaten Buleleng telah menyiapkan anggaran Rp 13 miliar lebih khusus untuk membayarkan Tunjangan Hari Raya (THR) Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemkab Buleleng. Pencairan THR ini pun dipastikan sudah tuntas pekan ini.

Penjabat (Pj) Bupati Buleleng ditemui di rumah jabatannya Minggu (31/3) kemarin mengatakan, Pemerintah Kabupaten Buleleng memberikan THR seratus persen. Kepastian tersebut pun sudah dituangkan melalui Peraturan Bupati (Perbup). “Perbupnya sudah saya tandatangani. THR itu harus cair minggu ini. Di Buleleng diberikan 100 persen sesuai dengan fiskal daerah,” terang Lihadnyana.
 
Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Buleleng sudah dapat mengajukan amprah THR ke Badan Pengelola Keuangan dan Pendapatan Daerah (BPKPD) Buleleng untuk segera mendapat Surat Perintah Pencairan Dana (SPPD) dan dicairkan bank mitra.
 
Lihadnyana pun menegaskan dalam proses pencairan THR tahun ini tidak lagi menunggu seluruh OPD klop mengamprah. Namun OPD yang sudah menuntaskan pengamprahan dapat melakukan pencairan lebih dulu. “Mana yang sudah siap itu yang akan cair duluan. Tidak lagi menunggu yang lain. Karena kadang anggaran sudah siap dari dinas yang melakukan amprah,” imbuh pejabat asal Desa Kekeran, Kecamatan Busungbiu, Buleleng.
 
Metode pencairan per masing-masing OPD ini disebut Lihadnyana sebagai motivasi sesama instansi. Seluruh ASN akan menerima THR sebesar Gaji pokok plus  Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP) 100% setiap bulannya. Sementara itu untuk pegawai non ASN Pemkab Buleleng untuk tahun ini belum dapat dianggarkan THR.
 
Menurut Lihadnyana, Pemkab Buleleng dengan kemampuan fiskal daerah belum dapat mengcover THR pegawai kontrak daerah. Karena jumlahnya cukup banyak. “Kita harus berhitung juga. Jangan sampai bayar THR kontrak, pembangunan yang lain tidak bisa jalan. Tetapi tahun ini pemerintah berupaya memastikan status kepegawaian mereka untuk masa depan yang lebih baik,” papar Lihadnyana.7 k23
 

Komentar