nusabali

Makepung Gubernur Cup Kembali Digelar

  • www.nusabali.com-makepung-gubernur-cup-kembali-digelar

NEGARA, NusaBali - Setelah terakhir digelar pada 2019, event Makepung Gubernur Cup akhirnya kembali digelar di Sirkuit All in One, Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jembrana, Minggu (19/11).

Antusias pun ditunjukkan masyarakat Jembrana, terutama para Sekaa Makepung yang berharap agar Gubernur Cup dapat kembali digelar setiap tahun. 

Makepung Gubernur Cup 2023, disaksikan langsung Penjabat (Pj) Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya didampingi Bupati Jembrana I Nengah Tamba bersama Wabup Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna serta unsur Forkopimda Jembrana. Makepung Gubernur Cup ini diikuti 171 peserta, terdiri dari blok Ijo Gading Timur sebanyak 73 peserta dan  blok Ijo Gading Barat sejumlah 98 peserta. 

Perlombaan pun berlangsung seru. Masing-masing joki tampak berupaya memacu kerbau mereka untuk menjadi pemenang. Dari pantauan, ribuan penonton dan para suporter tampak antusias mendukung kelompok ataupun kerbau yang menjadi jagoan mereka. Termasuk sejumlah wisatawan asing tampak hadir menyaksikan perlombaan yang menjadi seni budaya khas Jembrana ini. 

Pj Gubernur Mahendra Jaya mengatakan, dirinya mengapresiasi Pemkab Jembrana atas perannya mengangkat tradisi masyarakat menjadi suatu event ini.  Dirinya berpendapat bahwa bahwa makepung ini merupakan salah satu kearifan lokal yang sangat luar biasa dan menarik untuk disaksikan masyarakat luas. 

"Saya juga pertama kali menyaksikan makepung ini. Ini merupakan suatu langkah yang strategis. Ini merupakan kearifan lokal yang ada di Jembrana, dapat disaksikan bukan hanya oleh orang Jembrana saja, namun juga masyarakat luas. Tadi juga saya lihat ada wisatawan asing. Ini tinggal ke depannya bagaimana agar event ini menjadi event yang rutin untuk dilaksanakan," ujar Mahendra Jaya.

Foto: Pj Gubernur Bali Sang Made Mahendra Jaya saat menghadiri Makepung Gubernur Cup di Sirkuit All in One, Desa Pengambengan, Kecamatan Negara, Jembrana, Minggu (19/11). -IST

Mahendra Jaya mengatakan, juga berterima kasih kepada seluruh masyarakat yang sudah berpartisipasi dalam event Makepung Gubernur Cup ini. Dirinya pun melihat antusias masyarakat Jembrana sangat besar dan penuh semangat, sekaligus berharap agar masyarakat Jembrana dapat selalu menjaga kekompakan dan sportivitas. "Saya sangat salut dengan masyarakat Jembrana, salut dengan Bupati dan semua pihak. Ini sangat luar biasa," ucapnya.

Bupati Tamba pada kesempatan yang sama, juga menyatakan apresiasi atas terselenggaranya kembali event makepung untuk memperebutkan piala Gubernur Bali ini. Menurut Bupati Tamba, wujud perhatian Gubernur Bali ini mampu menambah semangat serta gairah sekaa makepung dalam pelestarian seni budaya asli Jembrana ini. 

Sementara Koordinator Makepung di Kabupaten Jembrana I Made Mara mengaku, juga berterimakasih atas kembali terselenggaranya Gubernur Cup ini. Menurut Mara, Makepung Gubernur Cup ini sudah berulang kali vakum dan terkahir digelar pada tahun 2019 lalu. Ke depan, dirinya pun berharap Makepung Gubernur Cup yang dulunya rutin digelar setiap tahun ini, bisa kembali rutin digelar pada tahun-tahun berikutnya. "Kami sangat berharap di tahun 2024, bagaimana caranya agar Gubernur Cup tetap diselenggarakan. Kami mohon siapapun Gubernur-nya supaya tetap diselenggarakan," ujar Mara. 7ode

Komentar