nusabali

Ada Oknum Bakar Hutan di Kintamani

  • www.nusabali.com-ada-oknum-bakar-hutan-di-kintamani

Diduga, kebakaran akibat orang tidak dikenal yang hendak membuka lahan dengan cara membakar semak-semak.

BANGLI, NusaBali
Diduga ada oknum yang melakukan pembakaran semak untuk membuka lahan di hutan produksi terbatas di wilayah Kintamani, Bangli. Pembakaran tersebut menyebabkan kebakaran lebih luas pada Rabu (15/11).

Kapolsek Kintamani Kompol Ruli Agus Susanto mengatakan, peristiwa kebakaran di hutan produksi terbatas itu, dekat dengan Pura Tampuriang, Kintamani. Kebakaran tersebut diketahui warga pada pukul 12.40 Wita. Ketika itu, ada warga sekitar yang sedang berada di ladang dekat lokasi kebakaran, melihat adanya kobaran api. "Warga berupaya memadamkan api dengan alat seadanya, serta melaporkan ke KPH Bali Timur, Koramil 1626 - 04/Kintamani dan Polsek Kintamani," jelasnya.

Selanjutnya, tim gabungan KPH Bali Timur, Babinsa Batur Tengah, anggota Koramil 04/Kintamani dan anggota Polsek Kintamani bersama warga berjibaku memadamkan api. "Proses pemadaman juga dibantu dua unit mobil damkar Pemkab Bangli. Pukul 15.03 Wita, kobaran api berhasil dipadamkan," kata Kompol Ruli.

Pasca kebakaran tersebut dilakukan olah TKP dan petugas telah meminta keterangan sejumlah saksi-saksi di sekitar lokasi kebakaran. Diduga, kebakaran akibat orang tidak dikenal yang hendak membuka lahan dengan cara membakar semak-semak.

"Penyebab pastinya masih dalam penyelidikan pihak Kepolisian Polsek Kintamani. Namun kuat dugaan, ada orang tidak dikenal yang membakar tumpukan semak belukar kering. Namun karena adanya kelalaian, sehingga api dengan cepat membesar dan merambat membakar lahan hutan," bebernya.

Sementara itu, ditemukan bukti berupa alat pertanian yang diduga digunakan pelaku pembakaran. Alat-alat pertanian tersebut selanjutnya diamankan oleh Kepala Resor Pengelolaan Hutan (RPH) Penelokan, UPTD KPH Bali Timur.7esa

Komentar