nusabali

Ny Rai Wahyuni Sanjaya Gagas Rumah Singgah

PKK dan K3S Gelar Kunjungan Sosial Rangkaian HUT Ke–530 Kota Tabanan

  • www.nusabali.com-ny-rai-wahyuni-sanjaya-gagas-rumah-singgah

TABANAN, NusaBali - Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan yang juga Ketua K3S Tabanan Ny Rai Wahyuni Sanjaya menjalankan aksi sosial serangkaian HUT ke-530 Kota Tabanan. Di sela kunjungan sosial itu, Bunda Rai mengemukakan gagasannya untuk mendirikan rumah singgah.

Aksi sosial tersebut dilakukan di dua tempat, Selasa (14/11). Kunjungan pertama di Panti Asuhan Salam di Banjar Taman Sari, Desa Delod Peken dan dilanjutkan ke UPTD Pelayanan Sosial dan PPA Dinsos P3A Kabupaten Tabanan di Banjar Wanasara Kelod, Desa Bongan. 

Hadir di acara tersebut Kadis Sosial Tabanan I Gede Nyoman Gunawan, pengurus TP PKK dan K3S Kabupaten Tabanan, camat dan perbekel setempat, tokoh masyarakat, serta para stakeholder SOS (Scholars of Sustenance), Bank BPD Bali, dan para pengurus panti berikut penerima bantuan. 

Bunda Rai menyampaikan rasa bahagianya dapat bertemu setelah kunjungan terakhirnya ke Panti Asuhan Salam. “Saya selalu berharap, agar kita semua lebih memberi perhatian lagi, tidak hanya saya selaku wakil pemerintah tapi dari semuanya. Sinergi seperti ini juga sangat saya apresiasi dan saya harapkan nanti akan ada badan sosial lain atau CSR lain yang juga ikut menyertai saya, terus berikan perhatian kepada adik-adik kita atau kepada masyarakat Tabanan yang memiliki masalah sosial,” ujarnya. 

Pada kegiatan serangkaian HUT ke–530 Kota Tabanan itu, sebanyak 30 paket sembako berisi beras, minyak, tepung, susu, sarden, sayur kaleng, mie instan, sayur segar dan alat kebersihan diri seperti sikat gigi, pasta gigi, sabun mandi, sampo, dan deterjen, dibagikan. Serta bantuan pribadi dari Ibu Bupati berupa masing-masing 6 dus biskuit dan diapers yang diserahkan kepada Panti Asuhan Salam dan para lansia di UPTD Dinsos P3A. 

"Jangan dilihat nilainya, tapi bentuk perhatiannya, semoga bisa menguatkan batin adik-adik sehingga nantinya bisa sukses dan maju,” tutur Bunda Rai. 

Bunda Rai juga berterima kasih kepada SOS Bali dan Bank BPD atas bantuannya, juga para pengasuh yang telah membimbing anak-anak asuh, sehingga diharapkan dapat menjadi anak yang hebat, sukses, dan maju. Dia juga berharap kolaborasi, perhatian, dan support tidak berhenti sampai di sini. 

Sementara kunjungan di UPTD Pelayanan Sosial dan PPA Dinsos P3A Kabupaten Tabanan, Srikandi Tabanan itu menyerahkan bantuan sosial yang sama secara adil dan merata. Bunda Rai sekaligus menyapa para penghuni panti yang tak hanya dihuni 7 orang lansia tapi juga oleh 20 orang dengan disabilitas mental. 

Di sela kunjungan itu, Bunda Rai menyampaikan gagasannya untuk mendirikan rumah singgah yang bermanfaat untuk membantu masyarakat Tabanan yang memiliki masalah sosial. 

“Ini adalah bentuk perhatian pemerintah, dan Bapak Bupati melalui saya di K3S, menyatakan bahwa kita di pemerintah selalu ada. Terutama untuk kelangsungan rumah singgah di sini," ucap Bunda Rai. 

Secara pribadi, Bunda Rai sangat mengapresiasi semua relawan dan tenaga pengurus yang telah merawat lingsir-lingsir (para orang tua) di sana. “Itu merupakan hal yang tidak mudah, perlu ketulusan hati, jiwa, dan ikhlas secara kemanusiaan. Ke depannya, saya berharap dan inginkan di rumah singgah adalah sinerginya. Terutama dari Dinas Sosial, bagaimana agar cita-cita saya ini bisa terwujud. Terus perhatikan pengasuhnya, tenaga kesehatannya, dan fasilitasnya. Oleh karenanya, selaku penggagas saya tak hentinya minta dukungan, karena tidak bisa berjalan sendiri, tapi kolaborasi dan sinergi yang baik untuk mewujudkannya,” tandasnya. 

Kadis Sosial Nyoman Gunawan  memberikan dukungan penuh atas inisiasi Srikandi panutan Tabanan itu. “Saya menyambut baik apa yang ibu gagas, konsep yang sangat brilian dan luar biasa dengan adanya rumah singgah, semoga bisa memberikan manfaat. Dan tentunya kehadiran ibu di sini, mudah-mudahan bisa membuat mereka bahagia, bagaimanapun juga orang tua dan saudara kita ini harus kita rawat,” katanya. 

Gusti Ketut Suardana selaku Ketua Yayasan Panti Asuhan Salam menyampaikan terima kasih atas perhatian Ketua TP PKK Tabanan. “Kami atas nama keluarga panti asuhan mengucapkan banyak terima kasih karena bapak dan ibu sudah berbagi dengan kami. Terutama dalam rangkaian HUT ke–530 Kota Tabanan yang kita cintai ini. Besar harapan kami, Kota Tabanan menjadi kota yang aman, unggul, dan madani, sehingga masyarakatnya bisa menjadi masyarakat yang makmur,” harapnya. @ des 

Komentar