nusabali

HUT SMAN 2 Amlapura Jaring Potensi Siswa SMP Se-Karangasem

  • www.nusabali.com-hut-sman-2-amlapura-jaring-potensi-siswa-smp-se-karangasem
  • www.nusabali.com-hut-sman-2-amlapura-jaring-potensi-siswa-smp-se-karangasem

AMLAPURA, NusaBali - SMAN 2 Amlapura, Karangasem, memanfaatkan perayaan HUT ke-40 sekolah dengan menggelar beragam lomba. Dengan lomba ini sekolah berhasil menjaring potensi siswa SMP se-Karangasem baik akademik dan non akademik.

Dengan lomba pula potensi siswa dapat dipetakan. Para pemenang lomba tersebut menerima hadiah pada puncak peringatan HUT SMAN 2 Amlapura, Jalan Untung Surapati, Amlapura, Kamis (9/11).

Kasek SMAN 2 Amlapura I Wayan Puja Astawa mengatakan, melalui pelbagai lomba tersebut bakat-bakat siswa tingkat SMP makin bisa dijaring sekaligus mengoptimalkan pendidikan literasi. Misalnya, melalui lomba bercerita, lomba essai, lomba poster digital, lomba membaca puisi, lomba master of ceremony, speech contest, dan lomba mata pelajaran.

Peringatan HUT sekolah ini, jelas Puja Astawa, juga diisi kegiatan donor darah melibatkan siswa dan guru serta pegawai tata usaha, hingga mendapatkan 86 kantong darah. “Kegiatan donor darah ini penting untuk warga masyarakat yang memerlukan darah karena tengah menjalani operasi,” jelasnya

Puja Astawa menambahkan, untuk lomba poster digital misalnya, merupakan kombinasi pendidikan literasi, dengan teknologi. “Menggambar di komputer, mesti tahu teknologi, dan memiliki kemampuan di bidang seni,” jelas mantan Wakasek SMKN 1 Amlapura tersebut.

Sedangkan peserta lomba membaca puisi, dan menulis essai, tentu saja katanya, sebelumnya berupaya mencari referensi, agar mampu membawakan materi yang berkualitas.

Dalam lomba mata pelajaran, mulai terlihat adanya siswa dari sekolah pinggiran meraih gelar juara. Misalnya, siswi kelas IX/C SMPN 1 Bebandem, Karangasem Ida Ayu Agung Indraswari, meraih gelar juara Lomba Mata Pelajaran IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) dengan skor 73,33. Siswa yang sekolahnya di desa ini mampu memenangkan lomba dengan mengungguli siswa dari sekolah favorit di Amlapura. Selama ini, biasanya di setiap lomba, pemenangnya dominan dari SMPN 2 Amlapura, kali ini untuk nomor IPA, juara II dari SMPN 2 Amlapura Ni Wayan Aryantari skor 71,33 dan juara III Ni Komang Ari Satvika Dewi dari SMPN 2 Selat skor 59,33.

Dua nomor lomba mata pelajaran lainnya pemenangnya tetap didominasi SMPN 2 Amlapura. Lomba Matematika, juara I Ni Kadek Naomi Zeeloita Artono Putri, skor 32,50, juara II Ni Putu Elika Aprisya Putri dari SMPN 1 Bebandem, skor 30,00 dan juara III Ketut Mika Wirasnansitha Aristawati  dari SMPN 1 Kubu skor 27,50.

Pemenang lomba IPS, I Komang Pendy Prayoga dari SMPN 2 Amlapura, skor 58,33, juara II I Gusti Ngurah Wahyu Pratama Wijaya dari SMPN 2 Amlapura skor 50,00 dan juara III I Wayan Sudiana dari SMPN 3 Amlapura skor 46,67.

Juara III Matematika Ketut Mika Wirasnanditha dari SMPN 1 Kubu, tetap merasa bangga, mampu bersaing dengan sekolah favorit di Kota Amlapura. “Meraih gelar juara III, bagi saya sudah menjadi kebanggaan. Tahun depan, saya berusaha untuk menang,” jelas siswi kelas VIII/1 SMPN 1 Kubu ini.7k16

Komentar