nusabali

Porsenijar Selam Denpasar Ajang Jaring Bibit Atlet Potensial

  • www.nusabali.com-porsenijar-selam-denpasar-ajang-jaring-bibit-atlet-potensial

DENPASAR, NusaBali - Atlet Finswimming dari berbagai jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, dan SMA/SMK ambil bagian mengikuti Pekan Olahraga dan Seni Pelajar (Porsenijar) Kota Denpasar. Kegiatan yang melibatkan puluhan atlet itu berlangsung di Kolam Renang Tirta Arum, Blahkiuh, Abiansemal, Badung.

Penyelenggaraan Kejuaraan ini sekaligus sebagai sarana berkompetisi serta menjaga eksistensi pembinaan olahraga Finswimming serta menjaring bibit-bibit atlet potensial.

Ketua Umum Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia (POSSI) Kota Denpasar, Melany Dian Risiyantie mengungkapkan Porsenijar merupakan salah satu event bagian dari kalender program pembinaan Finswimming atau selam di Kota Denpasar, dalam upaya menjaga eksistensi sekaligus regenerasi atlet. 

"Adanya event atau kejuaraan semacam ini tentu sangat membantu para atlet untuk mengukur hasil latihan. Para atlet juga memiliki kesempatan menambah pengalaman berlomba serta menjadi ajang mengukur kemampuan untuk bisa bersaing dengan atlet lainnya," kata Melany Dian Risiyantie, Minggu (7/4)

Menurut Melany, tidak hanya jadi sarana pembinaan, ajang Porsenijar juga jadi momentum dalam menjaring atlet potensial atau berbakat. Hasil lomba tentunya menjadi bahan pertimbangan dalam proses seleksi serta pemetaan bakat atlet yang nantinya masuk dalam database POSSI Kota Denpasar.

Pihaknya pun mengapresiasi berbagai stakeholder mulai dari Pemerintah Kota Denpasar, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar, seluruh sekolah dari berbagai jenjang pendidikan, termasuk para orang tua atlet yang berperan mensukseskan penyelenggaraan cabor Finswimming pada Porsenijar Kota Denpasar tahun 2024. 

"Tidak ketinggalan, ucapan terima kasih layak disematkan kepada seluruh panitia, dan wasit juri yang sudah bekerja keras mensukseskan jalannya perlombaan," kata Melany.

Setelah menyelesaikan seluruh nomor lomba, juara umum di tingkat Sekolah Dasar diraih Kecamatan Denpasar Utara usai mengumpulkan 12 medali emas, 3 perak, dan 3 medali perunggu. Juara umum kedua, kecamatan Denpasar Timur dengan perolehan 5 medali emas, 8 perak, dan 5 medali perunggu. 

Kecamatan Denpasar Barat menempati posisi ketiga dengan  capaian 1 medali emas, 5 perak, dan 1 perunggu. Kemudian, di tingkat SMP, juara umum menjadi milik SMPN 3 Denpasar. Diperkuat 3 orang atlet yaitu Anak Agung Ketut Ravindra Javas Kanistriya, Ni Wayan Spasina Sudana, dan I Gusti Bagus Panji Radithyatama, tim Finswimming SMPN 3 Denpasar berhasil menyabet 5 medali emas ditambah 1 perak. Menyusul di posisi  kedua, SMPN 2 Denpasar dengan perolehan 4 emas, 2 perak, dan 1 perunggu. Juara umum tiga tingkat SMP, diraih SMPN 6 Denpasar dengan total perolehan medali 2 emas dan 1 perunggu.

Untuk jenjang SMA/SMK, SMAN 2 Denpasar tampil dominan dengan memborong 9 medali emas ditambah 1 perak. Posisi kedua diduduki SMAN 1 Denpasar yang mengumpulkan 2 medali emas, 1 perak, dan 2 perunggu. Sedangkan, juara umum ketiga tingkat SMA/SMK diraih SMAN 5 Denpasar yang mendulang 2 medali emas. 

"Para juara di event Porsenijar Kota Denpasar, selanjutnya akan mewakili Kota Denpasar pada Porjar Provinsi Bali 2024, Juni mendatang. Pembinaan berkesinambungan juga menyasar atlet-atlet potensial lainnya untuk terus dibina guna mewakili POSSI Kota Denpasar di berbagai event di tingkat daerah, regional, maupun nasional," pungkas Melany Dian Risiyantie. dar

Komentar