nusabali

Timnas Dikandaskan Uzbekistan, Tatap Perebutan Juara III

  • www.nusabali.com-timnas-dikandaskan-uzbekistan-tatap-perebutan-juara-iii

DOHA, NusaBali.com - Impian Timnas Indonesia maju ke babak final Piala Asia U-23 dikandaskan Uzbekistan. Negara pecahan Uni Soviet ini mengalahkan Indonesia 2-0 sekaligus maju ke final untuk ketiga kalinya dalam empat edisi terakhir Piala Asia U-23.

Kemenangan di Stadion Abdullah Bin Khalifa pada Senin (29/4/2024) malam, juga memastikan Uzbekistan lolos ke Olimpiade Paris 2024. Sementara Indonesia harus memenangkan pertandingan perebutan peringkat ketiga pada Kamis mendatang jika ingin mengamankan tiket ke Paris. Skuad Garuda masih menunggu tim yang kalah dalam semifinal lainnya antara Jepang vs Irak.

Pada laga semifinal ini, pelatih Shin Tae-yong Indonesia memainkan Ramadhan Sananta sebagai starter menggantikan Rafael Struick yang terkena akumulasi kartu kuning.

Sedangkan pelatih Uzbekistan, Timur Kapadze, melakukan enam pergantian pemain dibanding tim yang mengalahkan Arab Saudi di perempat final, termasuk memasukkan pahlawan kemenangan Khusain Norchaev. 

Uzbekistan langsung menguasai jalannya pertandingan. Abbosbek Fayzullaev mengatur permainan di lini tengah, membuat Ivar Jenner dari Indonesia kesulitan mengimbangi gelandang CSKA Moscow tersebut.

Beberapa peluang tercipta di menit-menit awal. Alisher Odilov memaksa Ernando Ari melakukan penyelamatan di tiang dekatnya, diikuti oleh tembakan Ulugbek Khoshimov yang melebar tipis.

Gawang Indonesia nyaris kebobolan pada menit ke-30. Tembakan keras Abdurauf Buriev dari jarak jauh gagal dijangkau Ernando namun bola hanya mengenai mistar gawang.

Memasuki babak kedua, Kapadze memasukkan Jasurbek Jaloliddinov dan Norchaev. Uzbekistan terus menerus mengancam gawang Indonesia lewat tembakan Zafarmurod Abdirakhmatov, Odilov, dan Jaloliddinov.

Indonesia nyaris mencetak gol pada menit ke-61. Tendangan Muhammad Ferrari sempat masuk gawang, namun dianulir wasit karena Ramadhan Sananta dalam posisi offside saat terjadinya kemelut di depan gawang.

Uzbekistan akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-68. Umpan silang Muhammadkodir Hamraliev disambar Norchaev untuk membawa Uzbekistan unggul.

Uzbekistan terus menekan untuk menambah keunggulan. Tembakan Fayzullaev dan Norchaev sempat membentur tiang gawang, sementara tembakan Umarali Rakhmonaliev melebar tipis.

Harapan Indonesia untuk bangkit pupus pada menit ke-84. Rizky Ridho diganjar kartu merah langsung oleh wasit Shen Yinhao setelah melanggar Jaloliddinov melalui VAR.

Uzbekistan memanfaatkan hadiah tendangan bebas dengan sempurna. Tendangan keras Jaloliddinov hanya bisa ditepis Ernando, bola liar disambar Abdukhodir Khusanov namun sundulannya membentur tiang gawang. Dalam situasi kemelut, Pratama Arhan dan Ernando justru bertabrakan sehingga bola masuk ke gawang sendiri.

Indonesia pun harus puas dengan perebutan peringkat ketiga untuk menjaga peluang lolos ke Olimpiade Paris 2024.

"Kami dirugikan keputusan wasit. Gol yang saya cetak dianulir," kata Ferrari usai laga.

Bek Persija Jakarta ini pun menyatakan tekad untuk merebut juara III. "Kami akan berusaha menjadi pemenang dalam perebutan juara III," tegasnya.

Komentar