nusabali

Hujan Belum Membantu, Pemadaman TPA Mandung Belum Tuntas

  • www.nusabali.com-hujan-belum-membantu-pemadaman-tpa-mandung-belum-tuntas

TABANAN, NusaBali - Kebakaran di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Mandung, Tabanan, belum tuntas. Meskipun turun hujan belakangan ini, intensitas titik api belum berkurang secara signifikan.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tabanan I Gusti Putu Ekayana mengatakan, intensitas titik api di TPA Mandung telah berkurang dari 7-10 titik menjadi 3-5 titik. Namun, pemadaman api secara total belum bisa dilakukan karena di dalam gunung sampah masih muncul gas metan.

"Kalau tidak dilakukan penyiraman secara berkala dan membuat kubangan pasti titik api semakin banyak. Jadi hujan belum membantu," tegas Ekayana, Senin (6/11).


Asisten II Setda Tabanan Anak Agung Ngurah Trisna Dalem mengatakan, penanganan TPA Mandung terus dilakukan meskipun hujan belum membantu memadamkan api. "Dengan pertimbangan seperti itu, sampai sejauh ini status darurat penanggulangan kebakaran di TPA Mandung masih berlaku," ujarnya. 

Di saat yang sama, proses uji coba pengiriman sampah juga masih dilakukan oleh DLH secara terbatas. Proses uji coba ini juga dibarengi dengan pengangkutan batu kapur untuk membuat landasan bagi truk-truk pengangkut sampah.

"Bukan sudah membuka pembuangan tetapi masih uji coba. Kami lakukan uji coba untuk mengurangi kekroditan penanganan sampah," tandas Trisna Dalem. 7des

Komentar