nusabali

Badung Gelar Festival Seni Budaya

  • www.nusabali.com-badung-gelar-festival-seni-budaya

MANGUPURA, NusaBali - Pemerintah Kabupaten Badung menggelar Festival Seni Budaya. Gelaran Festival Seni Budaya Badung ke-14 ini dibuka resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Badung I Wayan Adi Arnawa, pada Rabu (1/11) di kawasan Puspem Badung.

Adi Arnawa dalam kesempatan tersebut mengatakan, pemerintah Kabupaten Badung dibawah kepemimpinan Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta dan Wabup I Ketut Suiasa berkomitmen menjaga adat, agama, tradisi, seni dan budaya. “Komitmen beliau, di mana pelaksanaan Festival Budaya yang merupakan rangkaian kegiatan yang secara berkala dilaksanakan setiap tahun sebagai bentuk bahwa Pemkab Badung benar-benar berpihak kepada adat, agama, tradisi dan budaya,” ujarnya.

“Langkah yang diambil oleh Dinas Kebudayaan melaksanakan Festival Seni Budaya sangat tepat karena setidaknya acara ini dapat memberikan gambaran dan edukasi untuk generasi muda ke depan,” kata Adi Arnawa lagi sembari berharap kegiatan ini bisa dilaksanakan setiap tahun.

Sementara itu Kadis Kebudayaan Badung I Gde Eka Sudarwitha, mengatakan kegiatan Festival Seni Budaya mengambil tema ‘Abyakta Loka Budaya’ yang bermakna Badung Maju Berlandaskan Seni Budaya. Festival Seni Budaya ini akan dilaksanakan hingga 16 November 2023.

Adapun sejumlah perlombaan yang memeriahkan Festival Seni Budaya, di antaranya lomba baleganjur, lomba dokumenter film bersejarah dan lomba dokumenter kreativitas sekaa teruna. Lomba-lomba ini dilaksanakan bekerja  sama dengan Listibiya dan Widya Sabha Kabupaten Badung.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberi tempat kepada para pelaku seni untuk mengembangkan kreativitas di bidang seni dan budaya serta dapat terus meningkatkan pelestarian adat, agama, tradisi dan budaya. Ini tidak hanya akan mempromosikan keberagaman budaya, tetapi juga memperkuat ikatan sosial dalam masyarakat,” ucap Sudarwitha. 7 asa

Komentar