nusabali

Bupati Resmikan Pasar Tematik Semarapura

  • www.nusabali.com-bupati-resmikan-pasar-tematik-semarapura
  • www.nusabali.com-bupati-resmikan-pasar-tematik-semarapura

Ada lukisan bertema Ramayana sepanjang 120 meter yang dikerjakan oleh 10 pelukis terpasang pada plafon bangunan.

SEMARAPURA, NusaBali
Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta meresmikan Pasar Tematik Wisata Pasar Umum Semarapura di Kecamatan Klungkung, Selasa (31/10) malam. Peresmian dirangkaikan dengan peluncuran aplikasi Klungkung dalam Genggaman. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti, pemotongan pita, dan menekan tombol tirai oleh Bupati Suwirta didampingi Ketua Dekranasda Klungkung Ny Ayu Suwirta, anggota Forkompinda Klungkung, dan pelaksana proyek, Tunas Jaya Sanur (TJS).

Pantauan di lapangan, lukisan khas Kamasan menjadi salah satu dekorasi ikonik di Pasar Tematik Semarapura. Lukisan sepanjang 120 meter terpasang di bebebera titik mulai dari lobi, blok E, dan blok B. Pembuatan lukisan bertema Ramayana melibatkan 10 orang pelukis asal Desa Kamasan. Penggarapan lukisan selamar 4 bulan. Lukisan dipasang pada plafon. Pemkab Klungkung gelontorkan dana Rp 150 juta untuk pembuatan lukisan ini. Proyek Pasar Seni Tematik Semarapura dibangun di atas lahan seluas 19.000 m2. Pasar rakyat ini terdiri dua gedung yakni blok B dan blok E masing-masing dua lantai. 


Blok B pada lantai I dengan luas 2124,86 m2 dengan 76 unit kios. Pada lantai II dengan luas 1965,25 m2 dengan 82 unit kios. Sedangkan bangunan Blok E, pada lantai I luas 1113,49 m2 dengan 32 unit kios dan 48 los. Pada lantai II blok E dengan luas 1227,24 m2 dilengkapi 71 unit los. Bupati Suwirta menceritakan awal mula keinginannya membangun pasar seni menggantikan gedung lama yang tidak layak. Berkat dorongan Kementerian Perdagangan RI akhirnya Pemkab Klungkung sepakat membangun pasar tematik. Tahun 2023 pembangunan pasar dimulai dengan dana alokasi khusus (DAK) Kementerian Perdagangan RI sebesar Rp 75 miliar. Berkat pendampingan Kajari Klungkung, pasar bisa selesai tepat waktu. “Tolong branding dengan baik pasar ini. Sesuai namanya tematik, pasar diharapkan tidak hanya dikunjungi konsumen lokal namun juga wisatawan asing,” ujar Bupati Suwirta.

Bupati berpesan kepada semua pedagang dan pengunjung supaya ikut merawat pasar dan segala fasilitasnya. “Saya titip pasar yang megah ini supaya menjual produk-produk lokal berkualitas. Tonjolkan produk lokal dengan barang produk asli Klungkung. Stand kuliner agar menjual kuliner khas Klungkung,” ujar Bupati Suwirta. Kadis Koperasi UKM Peridustrian dan Perdagangan Kabupaten Klungkung Wayan Ardiasa mengatakan, belanja modal pembangunan Pasar Rakyat Tematik Wisata Pasar Semarapura sebesar Rp 64,7 miliar yang dilaksanakan oleh TJS. @ wan


Komentar