nusabali

Perusahaan Jepang Kelola Sampah Jadi Energi Terbarukan

  • www.nusabali.com-perusahaan-jepang-kelola-sampah-jadi-energi-terbarukan

SEMARAPURA, NusaBali - Pj Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika menerima perwakilan perusahaan Japan Nus Co Ltd di ruang kerjanya, Rabu (13/3). Rombongan dari Jepang diantarkan oleh Kadis ESDM Provinsi Bali Ida Bagus Setiawan. Juru bicara Japan Nuas Co Ltd, Hidenori Ishiguro, memaparkan teknologi pengolahan sampah menjadi energi terbarukan.

Hidenori Ishiguro mengatakan, dengan teknologi yang dimilikinya, sampah plastik bisa diolah menjadi bahan bakar hidrogen. Selanjutnya hidrogen bisa digunakan sebagai bahan bakar pembangkit tenaga listrik. 

“Teknologi ini sangat cocok diterapkan di kepulauan Kecamatan Nusa Penida yang saat ini pembangkit listriknya masih menggunakan energi bahan bakar solar,” ujar Ishiguro.

Jendrika menyampaikan, Kabupaten Klungkung menghadapi masalah dalam menangani sampah, meskipun telah menambah alat dan jam kerja para petugas. Memaksimalkan pengolahan sampah, Bupati Jendrika siap bekerja sama dengan Japan Nus Co Ltd. Selanjutnya akan menugaskan dinas terkait melakukan pemetaan dan inventarisasi yang bisa dikerjasamakan. 

Dengan teknologi diharapkan ada energi terbarukan untuk menopang listrik di Nusa Penida yang selama ini menggunakan bahan bakar solar. “Kami terbuka untuk bekerja sama,” ujar Jendrika. 7 wan

Komentar