nusabali

Bali Definitifkan 19 Atlet Panjat Tebing

  • www.nusabali.com-bali-definitifkan-19-atlet-panjat-tebing

DENPASAR, NusaBali - Pengprov Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Bali memutuskan 19 atlet definitif tampil dalam babak kualifikasi PON panjat tebing, yang sekaligus single event Kejurnas di Semarang, Jawa Tengah pada 24 - 27 Oktober 2023.

Mereka terdiri 10 atlet putra dan 9 atlet putri dengan didampingi lima pelatih dan satu manajer. 

Dari 19 nama, atlet peraih medali emas Asian Games di China, Desak Made Rita Kusuma Dewi ikut diterjunkan untuk membantu di nomor beregu. Padahal Desak Rita usdah meraih wild card atau lolos otomatis di nomor perorangan putri. 

Menurut Waketum Pengprov FPTI Bali, Suhardi Eka Prasetya, Kamis (12/10) penetapan atlet definitif sudah ditandatangani Ketum Pengprov FPTI Bali Putu Yudi Atmika pada 8 Oktober lalu. Penetapan tersebut setelah melewati berbagai tahapan proses seleksi secara marathon. Akhirnya diputuskan 19 atlet panjat tebing terbaik saat ini. 

Menurut Suhardi Eka, dari segi kuota untuk kualifikasi PON boleh menurunkan 10 atlet putra dan 10 atlet putri. Sedangkan saat PON hanya diperbolehkan menurunkan delapan atlet putra dan delapan atlet putri. 

Sebab saat PON nanti boleh turun lebih dari satu nomor atau kategori dari total 16 kategori yang dipertandingkan. Dengan begitu, saat babak kualifikasi PON khusus di sektor putri, Bali hanya menerjunkan Sembilan atlet saja, dan itu sudah dinilai sangat cukup. 

"Bagi kami 9 atlet sudah cukup, terlebih di sektor putri ada Desak Made Rita Kusuma Dewi yang diharapkan membantu rekan lainnya di nomor beregu," kata Suhardi Eka, yang juga birokrat di Disdikpora Provinsi Bali. 

Suhardi Eka mengatakan sejatinya Desak Rita sudah dapat Wild Card karena label juara dunia, tapi tenaganya kita butuhkan untuk membantu lagi di beregu putri. Pihaknya mengaku masih komitmen sesuai arahan Ketum FPTI Bali Putu Yudi Atmika yang dengan tegas komitmen menggunakan atlet murni binaan lokal Bali. Sehingga 19 atlet yang akan mewakili Bali itu berasal dari Badung, Buleleng, Gianyar dan Jembrana. Saat kualifikasi PON nanti, kata Suhardi Eka,  akan dicari lima atlet terbaik di tiap kategori.

“Jadi kita harus siap mengikuti ketentuan dalam meloloskan atlet sebanyak mungkin ke PON XXI/2024, dari 16 nomor yang dipertandingkan,”kata Suhardi Eka Prasetya.dek

Tim Panjat Tebing Bali : 
Atlet Putra 
1. I Gusti Ngurah Bayu Segara 
2. Himalaya
3. I Gede Karuna Adutyavardana 
4. Samudera Setiadji Putra 
5. Gede Riasa 
6. Julianto Prasetyawan
7. Muhammad Yusuf Islami 
8. Askar Bhakti Manggala 
9. Wisnu Wahyu Golden 
10. Julio Fernando Sapulete 

Atlet Putri : 
1. Desak Made Rita Kusuma Dewi
2. Ni Komang Ayu Suartini
3. Ni Made Diantari 
4. Ni Luh Jelita Damawati 
5. Ni Made Rai Anggreni
6. Indie Maharanee
7. Ni Made Maylia Ardani Putri 
8. Kadek Adi Asih 
9. Desak Nyoman Widianingsih

Komentar