nusabali

Festival Bahari Diharapkan Bisa Tingkatkan Kunjungan Wisatawan

  • www.nusabali.com-festival-bahari-diharapkan-bisa-tingkatkan-kunjungan-wisatawan

MANGUPURA, NusaBali - Setelah selesai dilakukan revitalisasi, Pemkab Badung langsung tancap gas menggelar berbagai kegiatan di Pantai Kuta, salah satunya Festival Bahari 2023, pada Minggu (1/10).

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa diharapkan bisa menggaet kunjungan di kawasan Pantai Seminyak, Legian, dan Kuta (Samigita).

Dalam sambutannya, Adi Arnawa menjelaskan tujuan dari Festival Bahari yang mengangkat tema Kuta Accolade (Apresiasi untuk Kuta) ini sebagai upaya rebranding destinasi Pantai Samigita dengan wajah baru setelah melalui revitalisasi. “Atas nama Pemkab Badung menyambut baik dan mengapresiasi event Festival Bahari Ke-5 ini,” katanya.

Masih menurut Adi Arnawa, Festival Bahari ini sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Badung, khususnya ke destinasi Pantai Samigita. Dengan adanya kegiatan Festival Bahari yang dikemas dengan kegiatan pameran dan beragam perlombaan tersebut tidak hanya melibatkan kabupaten/kota di Bali, namun ada pula beberapa daerah di Indonesia ikut berpartisipasi.

“Diharapkan event ini juga bisa menggaet kunjungan wisatawan untuk datang ke Pantai Samigita,” harap birokrat asal Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan ini.

Sementara Kadis Pariwisata I Nyoman Rudiarta, mengatakan pariwisata merupakan sektor unggulan dan sebagai sumber pendapatan Kabupaten Badung, sehingga perlu mendapatkan perhatian khusus untuk terwujudnya sustainable tourism dan quality tourism.

Dikatakan, event Festival Bahari ini dimaksudkan untuk melakukan rebranding destinasi Pantai Samigita. “Kami juga mengajak beberapa pemerintah kabupaten/kota di Indonesia yang telah menjalin kerja sama di bidang kepariwisataan dengan pemerintah Kabupaten Badung untuk ikut berpartisipasi dalam event ini,” kata Rudiarta.

Masih menurut Rudiarta, event ini juga bertujuan menyakinkan khayalak dunia bahwa pariwisata di kawasan Pantai Samigita telah bangkit dan layak untuk dikunjungi pasca revitalisasi dan pasca Pandemi Covid-19. Melalui event ini pula, lanjutnya, diharapkan menjadi ikon pariwisata Kabupaten Badung.

Untuk Festival Bahari dilaksanakan selama empat hari, 1-4 Oktober 2023. “Kegiatan Festival Bahari terdiri dari pementasan musik, stand pameran, surfing competition, fruit & vegetables carving competition, dragon boat competition, wall climbing competition, skateboard competition dan body painting competition, dengan hadiah ratusan juta rupiah,” kata Rudiarta. @ dar

Komentar