nusabali

108 Guru Pensiun Disiapkan Dana Tali Kasih

  • www.nusabali.com-108-guru-pensiun-disiapkan-dana-tali-kasih

AMLAPURA, NusaBali - PGRI Karangasem akan memberikan dana tali kasih untuk 108 guru yang memasuki purnatugas, Januari -Desember 2022. Pemberian tali kasih ini pada puncak peringatan HUT ke-78 PGRI Karangasem, Sabtu (25/11).

"Rencananya per guru yang purnatugas dianggarkan Rp 500.000," jelas Ketua PGRI Karangasem I Gusti Ngurah Kartika, didampingi Wakil Ketua I I Wayan Gede Suastika dan Sekretaris Ni Nengah Sari pada acara persiapan peringatan HUT PGRI di SMPN 2 Amlapura, Jalan Sudirman, Amlapura, Sabtu (23/9).

Mantan Kadis Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem ini, menambahkan pemberian tali kasih kepada guru yang telah memasuki purnatugas, rutin setiap tahun. Hanya saja, besaran anggaran berbeda-beda, tergantung kemampuan keuangan PGRI Karangasem. Nantinya, dalam puncak HUT PGRI, panitia mengundang secara khusus guru yang telah purnatugas, sambil memberikan ucapan terima kasih atas segala pengabdiannya selama ini yang aktif langsung mendidik anak bangsa, sehingga putra-putri anak bangsa menjadi cerdas dan berguna untuk nusa dan bangsa, juga menyerahkan tali kasih.

Selama ini, lanjut Ngurah Kartika, guru secara profesional menjalankan tugas utamanya, mendidik, membimbing, mengajar, mengarahkan, menilai, melatih, dan mengevaluasi hasil kerja peserta didik mulai dari anak usia dini, pendidikan dasar hingga menengah. Guru juga sebagai motivator, fasilitator, mediator, pengelola kelas, juga sebagai inspirator, dan mentor atau teman belajar.

Begitu kompleksnya peran tugas-tugas guru, papar dia, sehingga guru mendapatkan gelar pahlawan tanpa tanda jasa. Artinya, sangat berjasa untuk mencerdaskan kehidupan bangsa, tetapi pelakunya tanpa mendapatkan tanda jasa.

Wakil Ketua PGRI I Wayan Gede Suastika menawarkan kepada peserta rapat, mengenai jenis-jenis kegiatan yang mesti dilaksanakan untuk memeriahkan HUT PGRI. Antara lain, lomba karaoke pesertanya dari masing-masing kecamatan wajib mengirim dua pasang putra dan putri, serta menggelar pedidikan dan pelatihan kenaikan pangkat. "Sedangkan untuk acara donor darah wajib terlaksana di delapan kecamatan, waktu pelaksanaannya bergantian," tambah mantan Kasek SMPN 2 Amlapura tersebut.

Khusus untuk acara jalan santai di delapan kecamatan,  lanjut Suastika, agar acaranya sinkrun dengan acara di kecamatan setempat karena dalam waktu bersama juga ada perayaan HUT Korpri. Sekretaris PGRI Ni Nengah Sari berharap 2.976 anggota PGRI dari PNS dan 529 anggota PGRI dari PPPK (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja), turut aktif memeriahkan HUT PGRI, mulai dari acara jalan santai, donor darah hingga puncak perayan.7k16

Komentar