nusabali

Marcus Gideon Umumkan Pensiun

  • www.nusabali.com-marcus-gideon-umumkan-pensiun

JAKARTA, NusaBali - Mantan pemain ganda putra nomor satu dunia Marcus Fernaldi Gideon mengumumkan pensiun dari karier bulutangkis profesional yang digeluti selama kurang lebih 25 tahun.

“Pada hari ini, tepat di usia 33 tahun, saya memutuskan berhenti dari karier profesional badminton. Tidak terasa sudah 25 tahun tidak henti-hentinya saya berlatih dan bersaing di lapangan,” kata Marcus, dikutip dari akun media sosial Instagram miliknya, Sabtu (9/3).

Marcus mengungkapkan rasa syukurnya kepada Tuhan yang menurutnya memiliki andil sangat besar sepanjang dirinya berjuang sebagai atlet. Dia menceritakan kisah semasa kecil, saat dianggap remeh karena memiliki postur tubuh tidak tinggi dan prestasi dinilai “biasa saja” saat itu.

Salah satu impian itu menjadi pemain bulutangkis nomor satu di dunia yang pada akhirnya bisa diraih bersama Kevin Sanjaya Sukamuljo. Marcus/Kevin atau pasangan yang akrab disapa “The Minions” itu pun bahkan mampu mempertahankan posisi puncak selama empat tahun.

Selama 25 tahun berkarir, Marcus dan Kevin diakui BWF sebagai salah satu ganda paling kuat dan diberikan gelar pebulu tangkis Pria Terbaik BWF dua tahun beruntun setelah meraih tujuh gelar Superseries BWF pada 2017 dan delapan gelar World Tour pada 2018.

Minions mengumpulkan 19 kemenangan dan enam runner up di BWF World Tour sejak 2018. Beberapa di antaranya adalah All England Open 2018, Indonesia Open 2018, Indonesia Open 2019, China Open 2019, hingga BWF World Tour Finals 2021.

Pada BWF Superseries, Marcus mengoleksi 11 kemenangan dan dua runner up. Salah satunya adalah kemenangannya bersama mendiang legenda bulu tangkis Indonesia Markis Kido di French Open 2013.

Sedangkan dengan Kevin, Marcus memenangkan beberapa turnamen Superseries seperti China Open 2016, Malaysia Open 2017, hingga Dubai World Superseries Finals 2017. ant

Komentar