nusabali

Semua Nomor Bulutangkis Berpeluang Raih Medali

  • www.nusabali.com-semua-nomor-bulutangkis-berpeluang-raih-medali

JAKARTA, NusaBali - Mantan atlet bulutangkis Bali, Ni Made Pranita Sulistya Devi atau akrab disapa Ade menilai, atlet bulutangkis di semua nomor berpeluang mempersembahkan medali emas bagi Indonesia dalam Olimpiade 2024 Paris.

Ya, cabang olahraga bulutangkis meloloskan atletnya di semua nomor, mulai tunggal putra, tunggal putri, ganda putra, ganda putri dan ganda campuran.

"Melihat dari hasil turnamen sebelumnya, semua nomor punya peluang mempersembahkan medali. Namun, semua tergantung kesiapan fisik, teknik, taktik, strategi dan psikologi dari pemain. Tentunya juga faktor luck (keberuntungan)," ujar Ade, Rabu (17/4).

Sebab, kata Ade, Olimpiade merupakan pertandingan besar. Euforianya pun  berbeda sehingga segala faktor dapat mempengaruhi untuk bisa memperoleh medali emas. Tercatat para peraih medali emas olimpiade bulutangkis ada Susi Susanti di tunggal putri dan Alan Budikusuma di tunggal putra pada Olimpiade 1992 Barcelona.

Ricky Subagja/Rexy Mainaky di ganda putra pada Olimpiade 1996 Atlanta, Amerika Serikat. Tony Gunawan/Candra Wijaya di ganda putra pada Olimpiade 2000 Sidney, Australia. Taufik Hidayat di tunggal putra pada Olimpiade 2004 Anthena, Yunani. 

Markis Kido/Hendra Setiawan di ganda putra pada Olimpiade 2008 Beijing. Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir di ganda campuran pada Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, Brasil. Greysia Polli/Apriyani Rahayu di ganda putri pada Olimpiade 2020 Tokyo, Jepang. 

Ade pun merasa senang, bulutangkis dapat meloloskan atletnya di semua nomor. Terlebih bulutangkis menjadi cabang olahraga yang diandalkan Indonesia di olimpiade. Untuk tampil di ajang bergengsi itu, kata Ade, tidak mudah. Dibutuhkan kerja keras yang luar biasa untuk mengumpulkan poin dan rangking agar lolos ke Olimpiade.

"Tentunya, saya sangat happy karena semua sektor lolos. Saya mensupport, memberikan doa dan dukungan kepada pemain-pemain andalan Indonesia yang akan bermain di kejuaraan besar ini agar terus semangat dalam proses latihan dan try out," kata wanita yang kini melatih di Qatar.

Pemain tunggal putra Indonesia yang lolos, yakni Jonathan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting. Di tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung, ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Ramadhanti dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di ganda campuran. k22

Komentar