nusabali

Bupati Suwirta Tutup Aksiku 2023

  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-tutup-aksiku-2023
  • www.nusabali.com-bupati-suwirta-tutup-aksiku-2023

SEMARAPURA, NusaBali - Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menutup Atraksi Melestarikan Seni dan Kebudayaan (Aksiku) di Alun-alun Dewa Agung Jambe, Kota Semarapura, Kecamatan Klungkung, Jumat (22/9).

Penutupan Aksiku dengan menampilkan para juara bapang barong, makendang tunggal, baleganjur tingkat SMP dan SMA/SMK. Hadir, Panglingsir Puri Agung Klungkung Ida Dalem Semara Putra, Forkompinda Klungkung, pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD), dan masyarakat.

Bupati Suwirta mengatakan, Aksiku merupakan inovasi Pemkab Klungkung untuk menguatkan dan meningkatkan eksistensi seni dan budaya Bali. Memberikan ruang kepada para seniman berekspresi dan berkompetisi agar terus berkarya. Harapannya, kualitas seni dan budaya di Kabupaten Klungkung semakin meningkat. “Jangan berhenti sampai di sini, terus ditingkatkan dan kembangkan sampai ke desa-desa,” pinta Bupati Suwirta.

Kadis Kebudayaan Klungkung I Ketut Suadnyana mengatakan, kegiatan Aksiku difasilitasi pemerintah pusat melalui anggaran dana alokasi khusus (DAK) non-fisik. Aksiku sudah digelar sejak tahun 2022. Aksiku sejalan dengan visi misi Bupati Klungkung yakni eksistensi adat dan budaya. Pemkab Klungkung ingin memfasilitasi para seniman di Klungkung untuk menunjukkan ekspresi keseniannya sekaligus melestarikan kebudayaan khas Klungkung. “Harapan kami, Aksiku bisa memberi dampak positif kepada masyarakat luas,” ujar Suadnyana. 7 wan

Komentar