nusabali

Dulu Pegawai Koperasi, Kini Sukses dengan Usaha Barbershop

  • www.nusabali.com-dulu-pegawai-koperasi-kini-sukses-dengan-usaha-barbershop

DENPASAR, NusaBali.com I Made Sedana Yoga, pria kelahiran Denpasar, tahun 1989, memulai usaha barbershopnya dengan modal yang sangat minim. Ia awalnya bekerja sebagai pegawai di salah satu koperasi, dan mengumpulkan gajinya untuk membuka usaha ini.

Ide untuk membuka barbershop ini muncul ketika Yoga melihat tren penggunaan pomade oleh kalangan anak muda. Pada saat itu, produk pomade masih tergolong langka dan belum begitu dikenal oleh masyarakat luas.

Yoga pun mulai memperkenalkan produk pomadenya dengan cara memasarkannya di lingkungan rumahnya. Namun, usahanya belum membuahkan hasil karena harga pomade yang relatif mahal dan minat konsumen yang masih rendah.

"Saya tidak pernah menyerah untuk mewujudkan impian saya," kata Yoga. "Saya selalu berusaha keras untuk mengembangkan usaha saya."

Pada tahun 2015, Yoga melihat adanya peluang untuk mengembangkan usahanya. Ia pun mulai menjalin kerjasama dengan beberapa barbershop untuk menjual produk pomadenya.

Selain itu, Yoga juga mulai memperkenalkan produk pomadenya kepada selebgram, musisi, dan kalangan luas lainnya. Hal ini memberikan titik terang bagi Yoga dalam menjalankan usahanya.

Pada tahun 2016, Yoga mulai terlihat peluang dalam mengembangkan usahanya. Ia pun membuka beberapa cabang barbershop di Denpasar, Gianyar, dan sekitarnya yang dikenal dengan nama Hydealson Barbershop.

Pada awal pandemi COVID-19, Yoga melihat banyak pelaku usaha yang bangkrut dan masyarakat yang kehilangan mata pencahariannya. Ia pun berinisiatif membuka tempat pelatihan cukur secara gratis untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

"Saya ingin menemukan bibit-bibit baru yang nantinya bisa berdiri sendiri dalam melakukan kegiatan berwirausaha," kata Yoga.

Usaha Yoga pun terus berkembang pesat, bahkan di tengah pandemi COVID-19. Ia 
pun kini memiliki beberapa cabang Hydealson  barbershop yang sukses di antaranya Barbershop di Jl WR Supratman Denpasar, Jl Sari Gading Denpasar, dan di Batuan, Kecamatan Sukawati, Gianyar.  Satu lagi adalah barbershop yang dioperasikan di rumahnya, di Jl Sedap Malam Denpasar yang lebih dimanfaatkan untuk pelatihan. *m03

Komentar