nusabali

Dua Pura Tertimpa Pohon

  • www.nusabali.com-dua-pura-tertimpa-pohon

Pura Luhur Mekori di Banjar Pemudungan, Desa Belimbing, Kecamatan Pupuan dan Pura Luhur Mekori di Banjar Tunjuk Tengah, Desa Tunjuk, Kecamatan Tabanan tertimpa pohon, Minggu (9/7).

TABANAN, NusaBali

Tak ada korban jiwa dalam musibah pohon tumbang ini. Namun panyengker di kedua pura ini hancur. Perbekel Desa Belimbing, I Made Adi Suyana menjelaskan pohon jenis Demulir itu tumbang pada Sabtu (8/7) sekitar pukul 21.00 Wita. Pertama kali diketahui oleh Jero Mangku Dharma yang saat itu sedang berada di Pura Luhur Mekori. “Malam itu pamangku ada di pura karena bertepatan Purnama Kasa. Tiba-tiba pamangku mendengar suara pohon jatuh. Setelah dicek ternyata dahan pohon Demulir itu patah dan tumbang,” ujarnya Minggu (9/7).

Dahan pohon sepanjang 15 meter itu tumbang menimpa panyengker hingga mengalami kerusakan sepanjang 10 meter. Akibat kejadian itu, kerugian ditaksir mencapai Rp 25 juta. “Kemungkinan dahannya sudah lapuk,” duganya. Dahan  pohon yang tumbang dibersihkan Minggu kemarin melibatkan warga, pecalang, tagana, adat, dan dinas. Sementara pohon Kroya di Banjar Tunjuk Tengah, Desa Tunjuk, Kecamatan Tabanan tumbang, Minggu (9/7). Pohon setinggi 2,5 meter itu menimpa panyengker pura sepanjang 15 meter.

Pada pohon Kroya ini terdapat populasi burung Kriak. Induk burung dan anak burung Kriak ini ditemukan ada yang mati. Sementara Kasi Rehabilitasi dan Penanggulangan Bencana BPBD Tabanan, I Putu Trisna Widyatmika mengatakan, pohon Kroya itu sudah lapuk dan makin sering diguyur hujan sehingga tumbang,” ujarnya. *d

Komentar