nusabali

Pendampingan Kreatif Tim PMP ITP Markandeya Bali Hasilkan Bahan Ajar Interaktif bagi Guru di Bangli

  • www.nusabali.com-pendampingan-kreatif-tim-pmp-itp-markandeya-bali-hasilkan-bahan-ajar-interaktif-bagi-guru-di-bangli

BANGLI, NusaBali.com - Tim Pengabdian Masyarakat Pendidikan (PMP) dari Institut Teknologi Pendidikan (ITP) Markandeya Bali melakukan terobosan untuk mendukung kualitas guru-guru di berbagai Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) se-Kabupaten Bangli.

Langkah yang dilakukan adalah mengadakan suatu kegiatan inovatif yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru-guru, khususnya guru-guru yang tergabung dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Pengantar Kewarganegaraan (PPKN)  dalam menciptakan bahan ajar yang lebih menarik dan interaktif.

Kegiatan yang dilangsungkan pada 25 Agustus 2023 di SMK Negeri 2 Bangli disambut antusias oleh para guru.

Kedatangan rombongan yang dipimpin Ketua Tim PMP, Nyoman Sudirman SPd MPd disambut hangat oleh Ketua MGMP PPKN, I Dewa Antarga SPd. Turut hadir juga Kepala Sekolah SMK Negeri 2 Bangli, yang memberikan dukungan pada upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten Bangli.


“Kegiatan ini merupakan wujud nyata dukungan terhadap para guru PPKN se-Kabupaten Bangli, bertujuan untuk membantu mereka meningkatkan kualitas dan efektivitas pengajaran,” kata Nyoman Sudirman. 

Materi utama dalam kegiatan ini adalah desain bahan ajar menggunakan platform Canva, yang disampaikan oleh narasumber Putu Beny Pradnyana S.Pd, M.Pd, I Dewa Gede Antarga, S.Pd., M.Pd. dan I Putu Andika Subagya Putra S.Pd, M.Kom dengan penerapan aplikasi Heyzine.

“Gabungan antara Canva dan Heyzine telah menghasilkan bahan ajar interaktif yang disajikan dalam format Flifbook, sebuah terobosan kreatif untuk memudahkan pembelajaran,” ujar Nyoman Sudirman.


Acara berkesan ini ditutup oleh Rektor ITP Markandeya Bali, I Wayan Numertayasa SPd MPd, yang menekankan pentingnya kegiatan pengabdian ini untuk memperluas wawasan guru-guru sekaligus menyegarkan pengetahuan mereka dalam pembuatan bahan ajar yang relevan

Di akhir kegiatan, diserahkan bantuan modem Orbit Pro oleh Rektor ITP Markandeya Bali, sebagai dukungan teknologi kepada MGMP PPKN.

Kegiatan dalam semangat pemberdayaan pendidikan itu pun kemudian berlanjut pada Jumat, 15 September 2023. Kegiatan ini menampilkan prestasi guru-guru dalam pembuatan bahan ajar berbasis buku Flifbook, yang semakin mengukuhkan komitmen mereka terhadap peningkatan mutu pendidikan. 

Komentar