nusabali

Peraih Anugerah Tokoh Kebahasaan Terbitkan Buku Kumpulan Essai Ke-15

  • www.nusabali.com-peraih-anugerah-tokoh-kebahasaan-terbitkan-buku-kumpulan-essai-ke-15

AMLAPURA, NusaBali - Penerima Anugerah Tokoh Kebahasaan dan Kesastraan dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan tahun 2019, I Komang Warsa, kembali menerbitkan buku ke-15. Kali ini  dia menerbitkan buku kumpulan essai yang terinspirasi dari pengalaman kerja.

Bukunya berjudul ‘Merajut Literasi Kisah dari Kasih Pikiran’. Judul ini terinspirasi dari dirinya sebagai peserta bimbingan teknis instruktur pembelajaran sastra berbasis literasi digital. Bimtek ini digelar Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, saat pandemi Covid-19 masih hebat-hebatnya melanda Indonesia tahun 2020. 

“Semoga buku ini terbit, bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendidikan literasi di Karangasem,” harap mantan Wakasek Kesiswaan SMAN Rendang yang kini  Kasek SMAN Tembuku, Bangli, kepada NusaBali di Amlapura, Senin (25/3).

Buku tersebut berisi 30 judul essai, setebal 117 halaman, diterbitkan PT Nyala Masa Depan Indonesia, Surakarta 2023, dengan penata letak, Yoga Ade s, penata sampul, Syntia. Buku ini berkata pengantar menggunakan puisi karya Solikkin Abu Izzuddin.

Buku berjudul ini, menurut I Komang Warsa, karena inspirasi yang dia dapatkan. Di masa pandemi saat dipercaya sebagai peserta bimbingan teknis instruktur pembelajaran sastra berbasis literasi digital oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, 31 Agustus 2020.

Sebab, saat itu, antara senang dan cemas campur aduk untuk ikut sebagai peserta, apalagi Jakarta masuk zona merah Covid-19, sehingga pikirannya menjadi tidak tenang. “Jadi saat itu, antara ikut sebagai peserta bimbingan atau tidak, itulah pengalaman berliterasi saat pandemi," jelas alumnus pascasarjana Undiksha Singaraja 2014.

Beberapa judul essai dalam buku itu, Senja Baru Pulang, Merajut Makna Pancasila dan Tri Hita Karana, Siwaratri Momentum Kebaktian Diri ke Dalam, Nindihin Adat lan Budaya Bali, Bhakti Kepada Guru Mirat Trikang Sinangguh Guru, Program Desa Inklusi Menuju Desa Kemanusiaan, dan lain-lain.

Selaini menjadi guru, dia juga dosen bahasa Indonesia di ITP (Institut Teknologi dan Pendidikan Markandeya) Bali di Bangli, Ketua PGRI Kecamatan Rendang, Bendesa Alitan MDA Kecamatan Rendang, Ketua PHDI Kecamatan Rendang, Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Pempatan, Bendesa Adat Alasngandang, dan lain-lain. Perannya itu dijadikan sarana menggali inspirasi untuk memperkaya karya-karya sastranya selama ini.

Buku-buku karya I Komang Warsa sebelumnya di antaranya, Bahasa Komunikasi Politik, Membongkar Makna dan Menguak Implikatur Bahasa Politik, Jagal dan Tameng Politik, Nilai-Nilai Spiritual dan Karakter dalam Sastra, Sang Guru Antologi Puisi Guru, Palu-Palu Kehidupan, dan lain-lain.7k16

Komentar