nusabali

Puluhan Guru SD di Tabanan Digembleng Latihan Desain Grafis

  • www.nusabali.com-puluhan-guru-sd-di-tabanan-digembleng-latihan-desain-grafis

TABANAN, NusaBali - Puluhan guru sekolah dasar (SD) di Tabanan mendapat pelatihan membuat bahan ajar secara digital. Pelatihan yang dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tabanan ini memiliki tujuan untuk memudahkan proses belajar mengajar.

Pelatihan tersebut merupakan bantuan langsung dari Kementerian Informasi dan Komunikasi melalui UPT BPSDM Kominfo Jogjakarta dengan program Digital Talent Scholarship (DTS) di 2024.

Sebenarnya dalam pelatihan itu ada tiga kategori kegiatan yang digelar selain menyasar para guru. Yakni ada juga menyasar para pelaku UMKM dan ASN di lingkungan Pemkab Tabanan. 

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika Tabanan I Gusti Putu Anom Winiantara, mengatakan khusus untuk guru SD ini nama kegiatannya adalah thematic academy. “Tema untuk pelatihan guru ini adalah membuat desain grafis bagi tenaga guru dan tenaga pendidik di Tabanan,” ujar Anom, Senin (25/3). 

Disebutkan peserta dari guru  yang mengikuti pelatihan berjumlah 120 orang dengan skema pelatihan terdiri dari dua gelombang. Untuk gelombang I dilakukan pada 25 – 27 Maret 2024. Sementara gelombang II bakal dilakukan menyusul dengan peserta siswa SMP. 

“Ini adalah bantuan pusat langsung. Kami di Tabanan tinggal menyediakan tempat dan peserta. Seluruh anggaran ditanggung pusat,” ucapnya. 

Anom menegaskan pelatihan yang diberikan kepada guru ini sejatinya untuk memudahkan proses belajar mengajar guru dengan siswa. Artinya lewat desain grafis yang dibuat, guru lebih mudah membuat keterampilan mengajar. “Sekarang adalah zaman digital, jadi pembelajaran harus mengikuti zaman,” kata Anom.

Dia berharap dengan pelatihan ini dapat membantu meningkat kualitas belajar di Kabupaten Tabanan. Selain itu kepada para UMKM dan ASN juga diharapkan bisa membantu meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat. “Khusus untuk UMKM mereka diberikan pelatihan ke arah pemasaran digital,” tandas mantan Camat Kediri ini. 7 des

Komentar