nusabali

Desa Warnasari Wakili Bali di Lomba Desa Cantik 2023

  • www.nusabali.com-desa-warnasari-wakili-bali-di-lomba-desa-cantik-2023

NEGARA, NusaBali - Desa Warnasari di Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana, terpilih menjadi salah satu desa di Provinsi Bali yang mengikuti lomba Desa Cinta Statistik (Desa Cantik) tahun 2023.

Desa ini mengusung tagline ‘Desa Sadar Statistik Menuju Kemandirian Ekonomi’. Desa Warnasari akan bersaing dengan 230 desa/kelurahan se-Indonesia dalam lomba ini. 

Bupati Jembrana I Nengah Tamba mendukung penuh keikutsertaan Desa Warnasari. "Saya mengajak semua pihak untuk dapat mempertahankan predikat tersebut di Kabupaten Jembrana. Astungkara Desa Warnasari juga akan meraih predikat tersebut untuk penilaian tahun 2023 ini," ujar Bupati Tamba.

Menurut Bupati Tamba, data yang lengkap dan valid dibutuhkan sebagai basis data dalam pengambilan setiap kebijakan. Dalam pelaksanaan Desa Cantik di Warnasari, data Jembrana Satu Data Dari Desa (JSDDD) akan dimanfaatkan.

Kepala BPS Bali Endang Retno Sri Subiyandani mengatakan, program Desa Cantik yang diadakan BPS RI bertujuan untuk meningkatkan literasi, kesadaran dan peran aktif perangkat desa/kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik. "Dengan data statistik yang berkualitas, tentunya akan sangat bermanfaat dalam merencanakan program pembangunan di desa/kelurahan sehingga tepat sasaran," ujar Retno.

Sementara Kepala BPS Jembrana Rocky Gunung Hasudungan mengatakan, dipilihnya Desa Warnasari didasari beberapa faktor, salah satunya adalah kesiapan desa dalam mengeksekusi kegiatan statistik serta keberadaan agen statistik di desa.

"Di Provinsi Bali ada empat desa terpilih, termasuk Desa Warnasari yang akan bersaing dengan 230 desa/kelurahan se-Indonesia," ucap Rocky. 7ode

Komentar