nusabali

Bupati Tamba Luncurkan Pijar Sekolah

Dorong Kreativitas dan Inovasi Pembelajaran

  • www.nusabali.com-bupati-tamba-luncurkan-pijar-sekolah

NEGARA, NusaBali - Bupati Jembrana I Nengah Tamba meluncurkan aplikasi Pijar Sekolah dalam acara pameran hasil belajar siswa di GOR Kresna Jvara, Kelurahan Dauhwaru, Kecamatan Jembrana, Jembrana, Rabu (8/5). Aplikasi ini bertujuan untuk memudahkan pembelajaran siswa. Salah satunya dalam pelaksanaan ujian sekolah di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Dengan aplikasi Pijar Sekolah ini, ujian sekolah tidak lagi menggunakan cara konvensional. Namun dilakukan dalam sebuah sistem yang diciptakan untuk mengelola administrasi dengan pengurangan atau peniadaan penggunaan kertas dan pulpen, namun beralih ke dokumen digital.

"Hari ini jangan sampai lagi cara-cara konvensional dipakai. Akan tetapi mulai kreatif inovasi, terutama pembelajaran di bidang IT (Information Technology) memang ke depan sangat kita harapkan. Tadi, saya melihat juga anak-anak yang sudah kreatif memanfaatkan teknologi,“ ujar Bupati Tamba.

Terkait pameran hasil belajar siswa yang diadakan bermasa peluncuran Pijar Sekolah ini, diharapkan bisa menggali potensi bakat dan minat siswa. Kemudian memberikan wadah atau ruang kepada anak-anak  untuk mengembangkan bakat dan minatnya serta memberikan pembelajaran yang positif.

"Saya bangga sekali para guru sudah melakukan semacam proses pembelajaran yang luar biasa. Di samping mengikuti mekanisme pembelajaran dari pusat, tetapi ada juga ruang-ruang kreatif lokal jenius yang dilakukan oleh pimpinan-pimpinan sekolah yang ada di Jembrana," ujar Bupati Tamba.

Lebih lanjut, Bupati Tamba mengatakan bahwa hasil karya belajar siswa yang dipamerkan menunjukkan inovasi dan kreativitas yang luar biasa. Dirinya pun berencana memamerkan karya-karya hasil belajar siswa ini dalam Festival Jembrana Bahagia yang akan diadakan pada perayaan HUT Kota Negara, Agustus tahun ini.

"Sungguh luar biasa dan saya setelah melihat tadi beberapa hasil karya mereka ingin pada saat acara ulang tahun kota nanti kita akan tampilkan bersama. Apakah mereka bersatu dalam satu semacam buket atau mereka masing-masing, nanti kita lihat," ujar Bupati asal Desa Kaliakah, Kecamatan Negara, Jembrana ini.

Kepala Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga (Dikpora) Jembrana I Gusti Putu Anom Saputra menjelaskan, pemeran hasil belajar siswa dan peluncuran aplikasi Pijar Sekolah ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Acara yang diadakan sehari ini diikuti peserta terdiri dari semua jenjang tingkatan pendidikan dari PAUD, SD, SMP, SMA/SMK se-Jembrana.

Anom menambahkan, ada berbagai kegiatan lomba-lomba yang diadakan serangkaian peringatan Hardiknas di Jembrana. Seperti lomba mewarnai untuk TK, lomba menggambar dan menulis untuk SD, dan ada lomba poster digital untuk SMP.7ode

Komentar