nusabali

Dilakukan Dua Pria Tak Dikenal, Langsung Dibongkar Pangempon

Heboh! Benda Misterius Ditanam di Areal Pura Pasar Agung, Desa Sebudi, Selat, Karangasem

  • www.nusabali.com-dilakukan-dua-pria-tak-dikenal-langsung-dibongkar-pangempon

Benda tersebut berupa bambu berbentuk bumbung setelah dibuka berisi biji-bijian, serbuk kasar, juga terlihat berisi beras merah dan daun berbau rempah-rempah

AMLAPURA, NusaBali
Pangempon Pura Pasar Agung di Banjar Sogra, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Karangasem geger setelah mengetahui ada benda misterius yang sengaja ditanam orang tak dikenal di areal pura. Pihak pangempon kemudian membongkar benda mencurigakan itu dan menyerahkannya kepada pihak kepolisian.

Informasi yang dihimpun, benda mencurigakan itu diketahui setelah pihak pangempon mendapatkan laporan dari waker Pura Pasar Agung, I Wayan Cenik. Humas Pangempon Pura Pasar Agung, I Wayan Suara Arsana mengatakan benda pertama tertanam di depan candi bentar dan satu benda lagi terungkap ditanam pada jarak 50 meter di barat pura. Pembongkaran telah dilakukan pada, Senin (28/8) pukul 12.10 Wita.


Pihak pengempon melakukan pembongkaran bersama anggota Bhabinkamtibmas Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Aiptu I Nyoman Wirta, dan anggota Polsek Selat. Wayan Suara mengatakan berdasarkan keterangan saksi dari Waker Pura Pasar Agung I Wayan Cenik, serta dua pedagang I Kadek Sarjana dan I Wayan Ariana, dua orang tak dikenal datang dan menanam benda misterius itu pada, Senin kemarin pukul 09.44 Wita. Dua pria itu dengan ciri-ciri berbadan tinggi besar dan bertato. Mereka naik dari parkir Pura Pasar Agung, kemudian menggali lubang di depan tangga jaba Pura Pasar Agung dan di jalur mendaki Gunung Agung.

Kedua orang tak dikenal itu lalu menggali lubang dan terlihat tergesa-gesa, kemudian mengubur barang berupa bambu berbentuk bumbung dengan panjang sekitar 20 cm, dan diameter 2,5 cm, dengan ujungnya yang satu tumpul dan yang satu lancip, di bagian lubangnya tertutup serabut kelapa. Setelah dibuka bumbung berisi biji-bijian, dan berupa serbuk kasar, juga terlihat berisi beras merah dan daun berbau rempah-rempah.


Saksi I Wayan Ariana mengaku tak sempat bertanya ke pelaku, karena kejadiannya begitu singkat. Sedangkan pedagang di parkir Pura Pasar Agung I Kadek Sarjana, sempat melihat dua orang tak dikenal tengah menuruni tangga, dan sempat ngobrol karena kedua orang itu berbelanja di warungnya membeli telur puyuh. “Keduanya tak saya kenal itu, mengaku dari Singaraja. Itu saja,” kata Kadek Sarjana.

Dia tidak sempat menanyakan identitas kedua orang mencurigakan itu. Kedua orang itu diketahui meninggalkan parkir Pura Pasar Agung pada pukul 10.10 Wita mengendarai mobil Toyota Innova kuning gold. Sarjana tidak sempat melihat nomor polisi (Nopol) mobil itu karena kendaraan itu parkir di jalan raya di luar parkiran Pura Pasar Agung.

Humas Pangempon Pura Wayan Suara mengaku tidak mengetahui motif kedua orang mencurigakan itu menanam benda misterius di areal pura. “Saya juga tidak tahu, apa sebenarnya isi dari kedua bumbung itu, saya serahkan ke Polsek Selat,” ujar mantan Perbekel Amerta Bhuana, Kecamatan Selat ini. Apakah pihak pangempon akan menggelar upacara guru paduka terkait adanya peristiwa ini, Wayan Suara mengatakan segera akan menggelar paruman dengan panglingsir pangempon. “Segera menggelar paruman, dalam waktu dekat ini,” jelas Wayan Suara.

Sementara Kapolsek Selat AKP I Ketut Sukadana mengatakan setelah dapat laporan pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait temuan dua paket benda mencurigakan. “Masih penyelidikan, nantinya saya melakukan cek lab, dan menanyakan ke orang pintar juga,” ujar AKP I Ketut Sukadana dihubungi di ruang kerjanya Banjar Selat Kaja, Desa/Kecamatan Selat, Karangasem. 7 k16

Komentar