nusabali

Paskibraka di Karangasem Nihil Honor

  • www.nusabali.com-paskibraka-di-karangasem-nihil-honor

Untuk lolos jadi anggota Paskibraka dengan persaingan ketat, kemudian latihan setiap hari pukul 07.00 Wita - 12.00 Wita.

AMLAPURA, NusaBali
Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik Karangasem I Wayan Sutapa mengakui mestinya tiap anggota Paskibraka dari 52 anggota mendapatkan honor Rp 115.000 per sekali Latihan. Dengan hitungan ini, seharusnya tiap anggota pasukan ini berhak mendapatkan Rp 3,105 juta.

"Kenyataannya nihil honor. Sebab tidak ada anggaran untuk itu," jelas Sutapa kepada NusaBali di Amlapura, Rabu (23/8). Dia mengaku tidak bisa berbuat banyak tentang harapan agar ada honor untuk Paskibraka. Padahal, untuk bisa lolos jadi anggota Paskibraka dengan persaingan ketat, kemudian latihan setiap hari pukul 07.00 Wita - 12.00 Wita. Setiap anggota mesti siap secara fisik, mental, dan menguasai teknis baris-berbaris. Mereka juga wajib tampil optimal pada puncak HUT ke-78 RI di Lapangan Tanah Aron Amlapura, Kamis (17/8).

Kenyataannya tidak ada imbalan, lanjut dia, sekadar pengganti uang BBM dan uang saku untuk siswa. Tercatat anggota Paskibraka efektif menjalani latihan selama 27 hari, sejak Senin (10/7), setelah dipotong libur Galungan dan Kuningan serta hari Minggu. Sehingga total tiap siswa mestinya dapat honor Rp 3,105 juta, total untuk 52 siswa Rp 161,46 juta.

Banyak siswa yang berasal dari luar Kecamatan Karangasem hingga mengontrak rumah selama menjalani latihan, agar lebih efektif berlatih. "Ya, siswa yang kontrak rumah itu, biayanya dari sekolah, termasuk biaya makan, minum dan transportnya," tambah Sutapa.

Sutapa mengaku hanya memberikan dua stel pakaian latihan, dua pasang sepatu dan seragam Paskibraka. "Ya, kami hanya memberikan pakaian latihan dan seragam Paskibraka, itu saja yang jadi kenang-kenangan untuk siswa," tambahnya.

Sutapa hanya menjanjikan bonus berwisata untuk Paskibraka ke Jogyakarta. "Itu pun anggarannya masih menunggu APBD Perubahan 2023. Kami telah ajukan anggarannya," lanjut I Wayan Sutapa.

Anggota Paskibraka selama menjalani latihan, di bawah koordinasi Letnan Satu Inf I Ketut Gedur, turut membantu memberikan materi pelatihan, Peltu I Ketut Budiarta, Serma I Gede Oka Mahendra, Sertu I Wayan Gede Widiarta, dan Sertu I Ketut Catur.

Ketua Komisi II DPRD I Komang Sartika mempertanyakan bonus Paskibraka 2023. "Bukan hanya dapat bonus berwisata, mestinya wajib dapat honor. Karena mereka berjuang selama latihan, rela berpanas-panas," jelas Sartika.

Sebagai perbandingan anggota Paskibraka Pusat, dapat honor per sekali latihan, saat latihan di Cibubur, Jawa Barat Rp 150.000 per hari, kemudian saat berpindah latihan di Jakarta Rp 180.000 per hari, sesuai standar provinsi setempat. Paskibraka Karangasem dari hasil seleksi 6-14 April di Aula Sabha Widya Praja Kantor Disdikpora Karangasem melibatkan 245 siswa.7k16

Komentar