nusabali

Babak Kualifikasi Bulutangkis PON 2024

Putri Lolos Perorangan, Putra Juru Kunci

  • www.nusabali.com-babak-kualifikasi-bulutangkis-pon-2024

DENPASAR, NusaBali - Tim bulutangkis putri Bali berhasil meraih tiket lolos di nomor perorangan PON XXI/2024 di Aceh dan Sumatera Utara, setelah menempati ranking III di wilayah III pada babak kualifikasi PON yang dihuni Jogjakarta, Banten, Jawa Tengah dan Bali.

Sementara untuk sektor beregu, baik putra dan putri gagal total. Untuk tim bulutangkis putra gagal meraih tiket PON, setelah menempati juru kunci atau posisi empat besar dari 4 tim peserta. 

Dalam Babak Kualifikasi (BK) PON di GOR Amongraga Jogjakarta, Tim Putri Bali kalah dari tuan rumah Jogjakarta 1-4. Meski kalah Putri Bali lolos perorangan karena di hari pertama menang atas Banten 3-2 dan hari kedua kalah dari Jawa Tengah (Jateng) 1-4. 

Kekalahan 1-4 dari Jogjakarta yang hanya mempertandingkan beregu itu secara rinci yakni pebulutangkis Bali Careen kalah 17-21 dan 11-21 dari pebulutangkis Menurut Ketum Pengprov PBSI Bali, Wayan Winurjaya, Selasa (22/8), untuk ganda putri, Karin Angelica Eddy Haris dan Putu Dinda Ratna Pratiwi kalah dari pasangan tuan rumah Jovita Aneira Prasma Hasya dan Shafa Aura Rahmani 8-21 dan 12-21. Begitu juga ganda putri Bali Careen dan Ni Kadek Dhinda Amartya Pratiwi kalah dari ganda Jogjakarta Chelsea Da Silva Yogia dan Sabrina Ajeng Takira 18-21 dan 12-21. Hal sama juga di tunggal putri, Ni Putu Wahyu Arisanti yang harus mengakui keunggulan atlet tuan rumah Alfira Deanika 16-21 dan 7-21. 

Satu-satunya pebulutangkis putri Bali yang menang yakni Ni Kadek Dhinda Amartya yang menang atas pebulutangkis Jogjakarta Sabrina Ajeng Takira dengan skor meyakinkan 21-4 dan 21-7. 

Sedangkan tim putra tidak lolos PON 2024 setelah di hari pertama kalah dari Banten 1-4, kalah dari Jogjakarta 0-5 dan kalah dari Jawa Tengah 0-5. Gagalnya putra Bali mengalahkan Jawa Tengah setelah tunggal putra Bali Wayan Widhi Adnyana kalah Mohomad Zaki Ubaidilah dengan 9-21 dan 15-21, IGN Made Dwi Sanayasa kalah dari pebulutangkis putra Jawa Tengah Hendry Leander 4-21 dan 10-21. 

Kemudian Ida Bagus Putu Putra Asana Wibawa kalah dari Richie Duta Richardo 16-21 dan 14-21, pasangan Giovany Alfiansyah Putra dan I Kadek Yudi Widiarta mengakui ketangguhan pasangan Jawa Tengah Michael Owen dan Yuke Gamareza Radjasa dengan skor 15-21 dan 18-21 serta terakhir pasangan Evan Christian Yusuf dan Hogy Andrean Wiyono Putra kalah dari pasangan Dapa Lesmana dan Emanuel Joseph Surya dengan skor 10-21 dan 7-21.

Penampilan tim bulutangkis putra Bali kalah kelas dari lawan-lawannya. Secara umum bertekuk lutut dan tidak mampu memberikan perlawanan yang sengit. Selisih poin juga terlihat cukup jauh, sehingga level putra belum sebanding dengan lawan-lawannya. "Kita langsung balik menuju Bali dari Jogjakarta menggunakan pesawat, sebelumnya memang perjalanan darat menuju Jogjakarta saat keberangkatan. Semua ini sudah sesuai dengan kesepakatan internal kita saat rapat pengurus dengan atlet," papar Winurjaya.7dek

Komentar