nusabali

Beckham Putra Baru Gabung

Malaysia Bisa Jadi Batu Sandungan Timnas U-23

  • www.nusabali.com-beckham-putra-baru-gabung

JAKARTA, NusaBali - Beckham Putra baru bergabung Timnas Indonesia U-23, menyusul rekan-rekannya yang lebih dulu berpartisipasi di Pemusatan Latihan (TC) menjelang Piala AFF U-23 2023.

Pemain Persib Bandung itu masih tampil di Liga 1 2023/24 saat timnya menjamu Barito Putera, Minggu (13/8). Hanya Robi Darwis yang dilepas Persib saat Timnas U-23 memulai Pemusatan Latihan (TC) sejak 10 Agustus.

Sebelumnya Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji memang sudah mengonfirmasi Beckham akan datang menyusul TC. BTN memahami klub-klub masih membutuhkan beberapa pemainnya di Liga 1. Beckham Putra dalam prosesnya menyusul rekan-rekannya di Timnas U-23 saat akan berangkat ke Thailand pada hari Senin (14/8).

"Alhamdulillah meski baru bergabung, kondisi saya bagus dan siap memberikan yang terbaik untuk Indonesia," kata Beckham, dalam rilis PSSI.

Garuda Muda akan melakoni Piala AFF U-23 2023 di Thailand. Timnas U-23 tergabung di Grup B bersama Malaysia dan Timor Leste. Di laga perdana Grup B, Timnas U-23 akan menghadapi Malaysia B, Jumat (18/8). Lalu dua hari berselang akan melawan Timor Leste, Minggu (20/8).

Laga melawan Malaysia sangat krusial karena membuka peluang lolos ke semifinal. Sebab, hanya juara grup yang lolos otomatis ke semifinal Piala AFF U-23 2023. 

Ya, Timnas Malaysia U-23 akan menjadi lawan pertama Timnas Indonesia U-23 di Piala AFF U-23 2023. Harimau Malaya muda berpotensi jadi batu sandungan bagi Garuda Muda pada ajang kali ini.

Kiprah Malaysia sebetulnya tidak terlalu cemerlang. Mereka belum pernah lolos hingga ke final. Prestasi terbaiknya peringkat empat pada Piala AFF U-23 2005 yang juga edisi pertama.

Di Piala AFF U-23 2019, Malaysia kandas di fase grup. Mereka kalah bersaing dengan Indonesia dan tuan rumah Kamboja. Pada edisi 2022 Harimau Malaya muda  hanya lawan Laos di fase grup, gagal lolos. *

Komentar