nusabali

Real Madrid Juara La Liga setelah Barcelona Ditekuk Girona

  • www.nusabali.com-real-madrid-juara-la-liga-setelah-barcelona-ditekuk-girona

BARCELONA, NusaBali.com - Real Madrid dinobatkan sebagai juara La Liga untuk ke-36 kalinya setelah Barcelona kalah 4-2 dari Girona, Sabtu (4/5) atau Minggu dini hari waktu Indonesia.

Beberapa jam sebelumnya pasukan asuhan Carlo Ancelotti meraih kemenangan mudah 3-0 atas Cadiz, yang membuat klub Catalan itu wajib menang di Estadi Montilivi.

Barcelona unggul 2-1 di babak pertama, namun tiga gol Girona di babak kedua membuat Real tak terkejar di puncak klasemen dengan sisa empat pertandingan musim ini.

Gelandang Inggris Jude Bellingham menjadi sosok kunci keberhasilan Real, dengan torehan 18 gol dalam 26 pertandingan La Liga di musim pertamanya bersama klub.

Bellingham memposting di media sosial, "CAMPEONES!!! HALA MADRID Y NADA MAS!!!" yang artinya "Juara!!! Ayo Madrid dan tidak ada yang lain!!!".

Pemain berusia 20 tahun itu bergabung dengan Laurie Cunningham (1979-80), Steve McManaman (2000-01 dan 2002-03), David Beckham (2006-07) dan Kieran Trippier (2020-21) sebagai pemain Inggris yang menjuarai La Liga.

Los Blancos hanya kalah sekali di liga musim ini dan berpotensi mengakhiri musim dengan 99 poin, yang akan menjadi raihan tertinggi kedua mereka sepanjang sejarah.

Ini adalah gelar La Liga kedua Ancelotti sebagai pelatih Real, setelah sebelumnya diraih pada musim 2021-22.

Real Madrid kini unggul sembilan gelar atas raihan 27 milik Barcelona.

Pemenang Liga Champions 14 kali tersebut akan menghadapi Bayern Muenchen di Bernabeu pada Rabu mendatang di leg kedua semifinal Liga Champions, setelah bermain imbang 2-2 di Allianz Arena.

Girona sendiri memastikan tempat di Liga Champions musim depan untuk pertama kalinya lewat comeback dramatis melawan Barcelona dalam laga derby Catalan yang menegangkan.

Andreas Christensen membuka skor dengan tendangan spektakuler untuk Barcelona dalam tiga menit pertama, namun Artem Dovbyk membalas hanya 68 detik kemudian.

Ini adalah gol ke-20 Dovbyk di La Liga musim ini dan membuatnya unggul dua gol atas pemain Real Madrid, Jude Bellingham, dalam perebutan Pichichi Trophy yang diberikan kepada pencetak gol terbanyak.

Barcelona nyaris dua kali untuk memimpin kembali, sundulan Christensen ditepis keluar gawang oleh kiper Paulo Gazzaniga, sebelum Ilkay Gundogan melepaskan tembakan yang mengenai mistar gawang.

Tekanan akhirnya membuahkan hasil pada injury time babak pertama ketika Robert Lewandowski dengan tenang mengeksekusi penalti setelah Yamal dilanggar.

Meski tidak melepaskan tembakan ke gawang lawan dalam 20 menit pertama babak kedua dan harus menghadapi gempuran Barcelona, Girona berhasil membalikkan keadaan dengan torehan tiga gol cepat.

Mereka menyamakan kedudukan untuk kedua kalinya pada menit ke-65 ketika Dovbyk memanfaatkan bola liar di lini belakang lawan sebelum memberikan umpan kepada pemain pengganti Portu untuk mencetak gol dengan sentuhan pertamanya dari jarak dekat.

Hanya berselang dua menit kemudian Girona memimpin untuk pertama kalinya ketika tembakan mantan bek Real Madrid, Miguel Gutierrez, berubah arah melewati garis gawang dengan bantuan defleksi yang cukup besar.

Portu menambah gol keempat Girona pada menit ke-75, menyambut umpan silang dengan sepakan voli yang merobek gawang Marc-Andre ter Stegen.

Kekalahan Barcelona membuat Real Madrid, yang mengalahkan Cadiz 3-0 pada Sabtu sore, dinobatkan sebagai juara La Liga untuk ke-36 kalinya.

Girona sedang menikmati musim keempat mereka di kasta tertinggi Spanyol dan telah melampaui semua ekspektasi untuk menorehkan sejarah.

Anak asuhan Michel tersebut akan bermain di kompetisi Eropa untuk pertama kalinya musim depan dengan tiket Liga Champions yang sudah digenggam.

Komentar