nusabali

Ortu Komang Teguh Pilih Nonton di Rumah

  • www.nusabali.com-ortu-komang-teguh-pilih-nonton-di-rumah

GIANYAR, NusaBali - Salah satu pesepakbola Timnas Indonesia U-23 berasal dari Bali. Adalah Komang Teguh Trisnanda Putra asal Banjar Pule, Kelurahan Kawan, Kecamatan/Kabupaten Bangli yang tinggal di Jalan Klaci, Desa Celuk, Kecamatan Sukawati, Gianyar.

Bersama timnya, bek tengah Timnas U-23 ini akan menghadapi Irak U-23 dalam perebutan peringkat ketiga Piala Asia U-23 2024. Laga Indonesia Vs Irak ini berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (2/5) pukul 23.30 Wita. Selain perebutan peringkat ketiga, pertandingan ini juga memperebutkan tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Orangtua Komang Teguh di Sukawati, I Nyoman Mertajiwa,54, mengatakan setiap saat selalu menonton pertandingan Piala Dunia. Lebih-lebih saat Indonesia bertanding. Hanya saja, keluarga Komang Teguh merasa lebih asyik menonton dari layar kaca di rumah. Ada banyak tawaran nonton bareng, namun Mertajiwa memilih di rumah saja nonton bersama istri dan dua anaknya. "Waktu lalu ada beberapa ngajak nobar. Tapi saya rasanya lebih asyik nonton di rumah sama keluarga," jelasnya saat ditemui, Kamis kemarin. Pilihan menonton di rumah, juga karena ibunda Komang Teguh selalu sumringah setiap melihat Komang menggiring bola. "Ibunya sering girang berlebihan saat lihat Komang di tv," ungkapnya.

Keluarga punya harapan yang sama seperti harapan masyarakat Indonesia. Mertajiwa berharap kali ini Indonesia mampu tampil lebih maksimal lagi, sehingga bisa meraih juara tiga sebagai tiket langsung ke Olimpiade Paris 2024. Selama bertanding laga Piala Asia U-23, Mertajiwa mengaku setiap saat berkomunikasi dengan anaknya, hanya saya jarang bisa bercakap-cakap. "Paling saya chat whatsApp memberikan support saja untuk tetap semangat tampil di setiap pertandingan, orang tua di rumah selalu mendoakan," imbuhnya. 

Ia menuturkan, anaknya merupakan pemain bola kelahiran Bangli, pada 28 April 2002. Memulai karier profesionalnya sebagai pesepakbola saat masih belia. Dia kini membela klub Borneo FC. Dikatakan, anak bungsunya ini merupakan sosok yang sangat membanggakan bagi keluarga dan masyarakat Indonesia. Dengan usia yang masih muda, Komang Teguh telah menuai banyak prestasi sebagai pemain bola profesional. Dalam beberapa pertandingannya, Komang Teguh menunjukkan bahwa dia tidak takut dengan pemain lawan dan berani untuk menghadapi mereka. Hal ini menunjukkan bahwa sosok Komang Teguh penuh dengan keberanian dan percaya diri sehingga layak untuk menjadi idola baru karena prestasinya.

Perjalanan Karier Komang Teguh yang memiliki postur tubuh setinggi 176 cm ini dimulai di SSB Bali Bintang Centre pada 2011. Setelah itu, Komang sempat pindah ke SSB Guntur di tahun 2012 dan menghabiskan empat tahun bersama SSB Putra Tresna Denpasar hingga 2016.

Di tahun 2017 hingga 2020, Komang mengasah kemampuannya bersama SKO Ragunan hingga akhirnya berhasil lolos seleksi Garuda Select. Sejak saat itu, ia mulai menghiasi Timnas Indonesia sejak kelompok usia 16, 19, hingga 23 tahun. Bahkan sejak musim 2020, Komang juga telah bergabung dengan Borneo FC.

Komang juga telah menuai prestasi dengan turut mengantarkan Indonesia menjuarai Piala AFF-U 16 2018, peringkat ketiga di Piala AFF U-19 2013, serta medali emas SEA Games 2023. 

Meskipun baru menginjak usia 21 tahun, Komang telah menjadi pemain andalan Pesut Etam dengan mencatat 22 penampilan sejak 2021. Komang Teguh menamatkan sekolah dasar di SDN 11 Sumerta dan melanjutkan pendidikannya ke SMP Negeri 9 Denpasar. Setelah itu, Komang mulai fokus mengikuti sekolah sepakbola. Dari sekolah bola itulah Komang memulai karier sepakbolanya dengan terus mengasah kemampuannya hingga menjadi pemain profesional seperti saat ini. 7 nvi

Komentar