nusabali

Vihara Dharma Ratna Klungkung Gelar Peringatan ‘Sejit Kwan Sing Tee Koen’ Zong Yi Miao

  • www.nusabali.com-vihara-dharma-ratna-klungkung-gelar-peringatan-sejit-kwan-sing-tee-koen-zong-yi-miao

SEMARAPURA, NusaBali.com - Vihara Dharma Ratna Klungkung menggelar peringatan ‘Sejit Kwan Sing Tee Koen’ Zong Yi Miao, yang diadakan satu tahun sekali setiap tanggal 24 Lak Gwee 2574 yang jatuh pada Rabu (9/10/2023) .

Wakil Ketua Vihara Dharma Ratna Klungkung, Sosan Muliono menerangkan pada Rabu (9/8/2023) telah dilaksanakan sembahyang pembukaan pada pukul 09.00 Wita yang dilanjutkan dengan pementasan kesenian dari anak-anak sekolah minggu, pentas wushu dan paduan suara Pusdiklat VDR, dan pementasan barongsai dari Naga Langit Cau Fuk Miao, Denpasar di malam harinya. 

Kemudian dilanjutkan pada Kamis (10/9/2023) yakni dilakukan sembahyang kebesaran pukul 17.00 Wita dan dilanjutkan dengan pementasan kesenian.



“Hari ini hari H-nya Sejit yang mulia Kwan Sing Tee Koen. Pukul 17.00 Wita kami dari panitia akan melaksanakan sembahyang kebesaran, nanti juga akan ada kesenian untuk mengisi dan menghiasi acara ini di panggung aula Vihara Dharma Ratna Klungkung,” ujar Sosan saat dikonfirmasi pada Kamis (10/8/2023) siang.


Lebih lanjut ia jelaskan, umat sedharma se-Bali telah datang berduyun-duyun silih berganti sejak kemarin pagi. Ia menilai, umat yang datang sangat antusias dilihat dari kedatangan umat yang datang sebanyak 400 sampai 500 orang per harinya. Bahkan, ia menjelaskan umat akan membludak pada malam hari saat acara kesenian.


“Pada  sore menjelang petang lebih ramai yang datang. Sembahyangnya juga sampai dini hari, ada yang sampai mekemit atau menginap di sini,” tambahnya.





Soal keamanan, pihaknya turut dibantu oleh aparat keamanan dari Polsek Klungkung, Kodim 1610 Klungkung, dan Satuan Polisi Pamong Praja Klungkung yang telah melakukan patroli keamanan sedari pagi. 

Sementara, sembahyang penutupan akan dilaksanakan pada Jumat (11/8/2023) pukul 23.00 Wita, yang dipimpin langsung oleh Sosan Muliono.



“Sudah dibantu dengan aparat pecalang dan lainnya untuk pengamanan lalu lintas juga hadir memonitor dan memantau lokasi upacara. Besok upacara penutupan pukul 23.00 Wita,” ungkapnya.


Ia pun berharap, dengan pelaksanaan peringatan ‘Sejit Kwan Sing Tee Koen’ Zong Yi Miao, 24 Lak Gwee 2574 tahun ini, para umat dapat menanamkan nilai-nilai yang ditanamkan oleh Sejit Kwan Sing Tee Koen. Serta, ia berdoa agar ke depan dapat mewujudkan kerukunan dan keharmonisan kehidupan berbangsa dan bernegara.


“Kami berharap dengan nilai-nilai yang ditanamkan dari Sejit Kwan Sing Tee Koen, semoga nilai kebajikan yang beliau turunkan kepada umat semuanya bisa berjalan dengan baik, nilai bijaksananya beliau yang menjadi tauladan kami, kasih sayangnya, agar semuanya berjalan dengan baik,” tutupnya. *ris



Komentar