nusabali

Bayu KW Lombakan Gaya Uniknya

  • www.nusabali.com-bayu-kw-lombakan-gaya-uniknya

Selain dalam rangka menyambut HUT ke-78 Proklamasi RI, lomba kali ini juga untuk menyapa para penggemar Bayu KW terutama yang dari kalangan generasi muda.

DENPASAR, NusaBali 
Lama tidak terdengar, penyanyi pop Bali yang dikenal dengan gayanya yang nyentrik Bayu KW, 60, bikin lomba meniru gaya menyanyinya yang unik tersebut. Lomba Gaya Bayu KW disertai dengan membuat video sambil lipsync salah satu lagu hitsnya 'Tulilu'.

Video yang dibuat dalam durasi maksimal 120 detik wajib diunggah pada akun Instagram masing-masing peserta. Video terpilih nantinya akan dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari musisi-musisi kondang Bali seperti Jerinx SID, Bagus Wirata, hingga Ajik Jenaka. 

Dikonfirmasi NusaBali, Rabu (9/8) penyanyi asal Banjar Tabu, Desa Selat, Kecamatan/Kabupaten Klungkung, mengatakan selain dalam rangka menyambut HUT ke-78 Proklamasi RI, lomba kali ini juga untuk menyapa para penggemar Bayu KW terutama yang dari kalangan generasi muda. Meskipun peserta lomba kali ini tidak dibatasi usia. 

"Yang di Instagram kan kebanyakan jiwa muda, jadi anak muda biar bisa mengenang lagi Bayu KW," ujar Bayu KW yang juga nge-hits lewat lagu 'Sarinem Neha Nehi' dan 'Kangguang Malu'. 

Bayu KW sepertinya memang tengah mendekati kawula muda Bali yang menggandrungi lagu pop Bali. Pada awal bulan lalu, Bayu KW bersama penyanyi muda pop Bali Bagus Wirata, terlebih dahulu merilis ulang lagu 'Tulilu'. Dengan gaya kekinian, Bagus Wirata membawakan 'Tulilu' dengan musik koplo yang jadi khas Bagus Wirata. Kedua penyanyi pun tampil dengan gaya unik masing-masing pada video musik yang dirilis pada kanal YouTube Bagus Wirata, 14 Juli 2023. 

"Lagu 'Tulilu' juga baru saya rilis dengan Bagus Wirata. (Lomba) ini juga sekalian kita promo," ungkapnya.

Penyanyi bernama lengkap I Komang Bayu Kasta Warsa memang dikenal memiliki gaya yang unik. Meskipun sederhana, gaya penyanyi berambut gondrong ini seolah menjadi salah satu kekuatannya sehingga dikenal luas para pecinta musik Bali. Salah satu juri lomba, Jerinx SID, bahkan sempat memuji gaya Bayu KW sebagai original. 

"Penilaian berdasarkan kreativitas gaya dan kreativitas video. Lagu yang digunakan adalah Tulilu versi original. Boleh diedit atau dipotong di bagian mana saja tanpa merubah aransemen lagu original," sebut Bayu KW mengenai kriteria penilaian. 

Bagi calon peserta yang berminat dapat mengetahui persyaratan lebih lengkap pada akun Instagram @Bayukw_asli. Batas upload video hanya sampai 26 Agustus 2023 pukul 22.00 Wita. 

Bayu KW mengawali karir musiknya pada tahun 1980-an sebagai pengamen jalanan, sebelum akhirnya memasuki dapur rekaman. Pada tahun 2000, Bayu KW mulai bangkit sebagai musisi pop Bali dengan ciri khasnya sendiri. Dengan mengemas warna musik yang menggunakan instrumen kendang kempul dan berbahasa Jawa, akhirnya dapat membawa nama Bayu KW semakin familiar di masyarakat Bali.

Meski belakangan tak lagi sering terlihat di televisi, musisi asal Bumi Serombotan masih eksis manggung di berbagai kegiatan. Bayu sendiri berencana merilis single baru pada bulan September ini. 7 cr78

Komentar