nusabali

Irjen Putra Narendra Pulang ke Tanah Leluhur

Percikan Tirta Awali Tugas Kapolda Bali yang Baru

  • www.nusabali.com-irjen-putra-narendra-pulang-ke-tanah-leluhur

DENPASAR, NusaBali - Kapolda Bali yang baru Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra mulai aktif dinas, Minggu (16/7). Pejabat baru ini tiba di Bali pada, Sabtu (15/7) sore.

Kedatangannya ke Bali untuk memulai tugas sebagai Kapolda Bali yang baru menggantikan Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra setelah sehari sebelumnya melaksanakan serah terima jabatan (Sertijab) di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jumat (14/7). Bertugas di Bali bagi Irjen Putra Narendra adalah pulang ke tanah leluhur setelah menjalankan tugas di berbagai wilayah di Indonesia.

“Menjadi Kapolda Bali juga merupakan kali pertamanya saya bertugas di wilayah Polda Bali,” ujar Irjen Putra Narendra saat memberi sambutan di acara ‘Kenal Pamit’ Kapolda Bali di Mapolda Bali, Minggu kemarin. Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra bersama istri Ny Ira Ida Bagus Kade Putra Narendra selaku Ketua Kemala Bhayangkari Polda Bali tiba di Mapolda Bali, Jalan WR Supratman Nomor 7 Denpasar sekitar pukul 08.00 Wita. Jenderal Bintang dua lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) 1991 ini masuk ke Mapolda Bali melalui pintu gerbang bagian barat. Di pintu gerbang itu Kapolda diperciki tirta (air suci) oleh Pamangku Pura Linggar Jati Polda Bali.

Selanjutnya Kapolda disambut dan dikalungi bunga oleh Wakapolda Bali Brigjen Pol Ketut Suardana sebelum akhirnya digiring penari Hanoman menuju lobi Mapolda Bali dimana pejabat lama Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra dan istri Ny Ketut Putu Jayan sudah menunggu. Sebelum resmi mulai berdinas dan menduduki kursi jabatan Kapolda Bali kedua pejabat ini terlebih dahulu melakukan tradisi upacara serah terima Pataka Polda Bali Sura Dwipa Sarvabhavena dari pejabat lama Irjen Putu Jayan Danu Putra kepada Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra sebagai Kapolda Bali yang baru.

"Pagi ini kita menyelenggarakan serah terima pataka Polda Bali dari saya selaku pejabat lama kepada Kapolda Bali yang baru. Prosesi serah terima pataka ini merupakan wujud beralihnya kepemimpinan Kapolda Bali dari pejabat lama kepada pejabat baru. Ini harus dimaknai bahwa seluruh anggota harus patuh, tunduk, dan setia kepada pejabat yang baru," tutur Irjen Putu Jayan dalam sambutannya saat upacara Sertijab pataka kemarin.

Jenderal bintang dua yang mendapat tugas di Mabes bes Polri sebagai Pati Baintelkam dalam rangka tugas di luar struktur ini mengucapkan terimakasih kepada para pejabat utama Polda Bali, para Kapolres/Kapolresta serta seluruh personel Polda Bali yang telah mendukungnya selama dua tahun tujuh bulan menjabat sebagai Kapolda Bali. Dia mengaku selama kurun waktu tersebut banyak suka dan duka dilalui bersama. Semuanya dapat dilalui lewat kerja secara bersama-sama.

"Masa sulit saat pandemi Covid-19 kita bisa lalui bersama. Saat ini Kita telah bangkit dan semakin maju. Oleh karena itu saya berharap apapun kegiatan dan kebijakan yang akan dilaksanakan oleh pejabat baru ke depan harus didukung sepenuhnya," harap Jenderal lulusan Akpol 1989 ini. Pada akhir sambutannya Irjen Putu Jayan menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh personel Polda Bali apabila selama menjabat ada kesalahan yang dilakukannya. "Saya mohon maaf apabila dalam pelaksanaan tugas selama ini ada hal yang kurang berkenan di hati bapak ibu sekalian. Itu tak lepas dari saya sebagai manusia yang tak luput dari khilaf. Semuanya itu semata-mata untuk kemajuan Polda Bali. Saya berharap Pataka Polda Bali Sura Dwipa Sarvabavena tetap berkibar menjaga Bali menuju Bali era baru," pungkasnya.

Sementara Kapolda Bali yang baru Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra mengucapkan terimakasih kepada pejabat lama yang telah meninggalkan kesuksesan. Dirinya berjanji, segala kebijakan dan capaian Irjen Putu Jayan akan dipertahankan dan ditingkatkan, seperti masalah premanisme dan narkoba tertuang dalam Commander Wish yang dijalankan selama ini. Dikatakannya, selama dua tahun tujuh bulan masa kepemimpinan Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra sebagai Kapolda Bali telah memberikan banyak sumbangsih berharga, baik sumbangsi dalam pengembangan organisasi maupun dalam memberikan perlindungan dan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Berbagai keberhasilan tersebut tentunya berkat dukungan dan kerja keras wakapolda Bali, para pejabat utama dan seluruh personel Polda Bali. Saya berharap dukungan serupa dapat diberikan kepada saya untuk melanjutkan tugas sebagai Kapolda Bali yang baru guna mewujudkan keamanan dan ketertiban di pulau Dewata ini," harapnya.

Irjen Pol Ida Bagus Kade Putra Narendra mengatakan menerima amanat dan kepercayaan Kapolri untuk menjabat sebagai Kapolda Bali merupakan suatu anugerah sekaligus kehormatan dan tanggung jawab bagi dirinya beserta keluarga. Dia berjanji akan bekerja keras dalam melakasanakan pengabdian terbaik ke depan guna memberikan rasa aman dan nyaman kepada seluruh masyarakat di Pulau Dewata ini.

"Selama puluhan tahun mengabdi kepada bangsa dan negara sebagai anggota polisi saya sudah dinas di beberapa daerah di Indonesia. Baru kali ini pertama tugas di Bali. Selain mohon dukungan seluruh personel Polda Bali saya juga mohon dukungan masyarakat di Bali," harap jenderal bintang dua di pundak ini yang sebelumnya menjabat sebagai Karoada B/J Slog Polri ini.

Usai serah terima Pataka Polda Bali Sura Dwipa Sarvabhavena dilanjutkan dengan acara pisah sambut. Acara tersebut dihadiri Forkopimda Provinsi Bali. Beberapa pejabat yang hadir misalnya adalah Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati alias Cok Ace, perwakilan dari Kodam IX/Udayana, Kejari, Kejati, dan lainnya. Para pejabat dari berbagai instansi itu kompak sampaikan pesan dan kesan melalui tayangan video terhadap sosok Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra.

Gubernu Bali Wayan Koster melalui tayangan video mengaku sangat terkesan dengan Irjen Putu Jayan Danu Putra. Gubernur mengapresiasi setinggi-tingginya terhadap jenderal bintang dua di pundak tersebut atas kerja keras dan dedikasinya selama menjabat sebagai Kapolda Bali. "Terimakasih atas sumbangsi tenaga, pikiran, dan kerja keras serta menerapkan strategi efektif dalam menangani pandemi Covid-19 sehingga mencapai hasil yang baik. Pencapaian yang baik dalam penanganan Covid-19 telah mampu menjadikan pariwisata Bali pulih dan bangkit kembali lebih cepat," ungkap Gubernur Koster.

Gubernur juga mengatakan Irjen Putu Jayan Danu Putra juga berkontribusi besar dalam menciptakan keamanan Bali sehingga sejumlah event bersar berjalan lancar. Misalnya pengamanan pergelaran Presidensi G20 pada November 2022 serta berbagai event internasional dan nasional lainnya. "Jenderal Putu Jayan juga telah bersinergi dalam mendukung pelaksanaan pemerintahan Provinsi Bali menuju Bali era baru melalui visi Nangun stkerthi Loka Bali. Semoga kesuksesan selalu mengiringi jenderal Putu Jayan di tempat tugas yang baru," pungkasnya. 7 pol

Komentar