nusabali

Rai Wahyuni Sanjaya Launching Pojok IKM Dekranasda Kecamatan Marga

  • www.nusabali.com-rai-wahyuni-sanjaya-launching-pojok-ikm-dekranasda-kecamatan-marga
  • www.nusabali.com-rai-wahyuni-sanjaya-launching-pojok-ikm-dekranasda-kecamatan-marga

TABANAN, NusaBali - Ketua Dekranasda Tabanan Ny Rai Wahyuni Sanjaya me-launching pojok IKM Dekranasda Kecamatan Marga, Selasa (11/7). 

Pojok ini diyakini mampu mendorong pertumbuhan dan pengembangan industri kecil menengah (IKM), serta membantu meningkatkan kualitas produk dan proses produksi IKM di Kabupaten Tabanan.

Rai Wahyuni Sanjaya mengatakan Pojok IKM bertujuan untuk meningkatkan daya saing IKM dalam pasar yang semakin kompetitif. Untuk mencapai itu harus dilakukan pengenalan inovasi baru, pengembangan strategi pemasaran yang efektif, akses ke jaringan bisnis, dan memberikan peluang pasar yang lebih luas. Sehingga, mampu mendorong kewirausahaan dan menciptakan lapangan pekerjaan dengan memberikan dukungan yang tepat pada pelaku IKM.

“Saya mengapresiasi Bapak Plt Camat Marga dan pihak terkait lainnya, karena Marga menampilkan Pojok IKM Dekranasda yang titiyang gagas di Kantor Bupati sudah mulai menular di kecamatan,” ujarnya. 

Dia berharap kecamatan lain bisa meniru, sehingga pemerintah bisa membantu para IKM/UMKM secara menyeluruh mulai dari kecamatan. “Dengan pemerintah bergerak membantu memasarkan produk masyarakat otomatis perputaran ekonomi menjadi meningkat,” tambah Rai Wahyuni Sanjaya. 

Selain di kecamatan, dia berharap seluruh perbekel menerapkan hal serupa. Sebab selama ini tantangan IKM adalah akses pemasaran yang terbatas. Dengan adanya Pojok IKM di setiap kantor desa maka produk yang dihasilkan bisa dikenalkan secara maksimal. 

“Para perbekel diharapkan di kantor desa masing-masing diberi ruang untuk IKM/UMKM kita agar mereka bisa memamerkan, mempromosikan sekaligus mengenalkan produk-produk masyarakat kepada pembeli maupun kepada distributor potensial. Sehingga bisa memfasilitasi mereka berkolaborasi dengan mitra bisnis. Di samping itu, lebih memperkuat kolaborasi dengan kegiatan seperti pertemuan, pelatihan, seminar, dan lainnya antar pihak-pihak terkait,” imbuhnya. 

Pojok IKM dirancang Rai Wahyuni Sanjaya sebagai upaya memperluas pemasaran produk IKM di Tabanan. Seluruh hasil IKM di Tabanan akan dipajang di Pojok IKM. Saat ini Pojok IKM sudah dibangun di Kantor Bupati Tabanan. Sehingga apabila ada tamu berkunjung, bisa melihat karya IKM tersebut. @ des

Komentar