nusabali

Usadha Uwut Padukan Teknik Pijat dan Healing

  • www.nusabali.com-usadha-uwut-padukan-teknik-pijat-dan-healing

GIANYAR, NusaBali - Festival Wariga Usadha Siddhi di Taman Baca Sanggingan, Kecamatan Ubud, Gianyar menyajikan ragam teknik pengobatan. Usadha Uwut menjadi salah satu yang menarik perhatian pengunjung.

Praktisi Usadha Uwut, Jro Ni Putu Sri Rahayu Dewi menjelaskan, pengobatan ini memadukan teknik pijat dan spa healing. "Teknik ini saya tekuni dari pelatihan spa di LPK Dedes Healing House," ungkap Jro Sri Rahayu.

Perempuan yang akrab disapa Jro Dalem ini menggabungkan teknik pijat dengan spa healing. "Lebih banyak sentuhan dengan rasa," jelasnya. Teknik pengobatan ini diklaim dapat menyembuhkan penyakit medis dan non medis. "Penyakit lama yang tak kunjung sembuh, dengan keyakinan astungkara cukup tiga kali terapi bisa sembuh. Non medis bisa dikeluarkan," terang praktisi pengobatan tradisional yang tinggal di Desa Celuk, Kecamatan Sukawati ini.


Penyakit yang sering ditangani yakni saraf dan otot. Ada juga stroke ringan, vertigo, dan asam urat. "Saraf kejepit paling banyak. Penyakit menahun juga bisa saya tangani," ujar Jro Dalem. Pasien yang datang dari seluruh Bali.

Ada juga dari mancanegara, didominasi Cina dan Jepang. Saat pengobatan, selain menyentuh, memijat, Jro Dalem juga menepuk punggung maupun bagian tubuh pasien. "Saya tepuk ringan menghasilkan rileksasi dari saraf yang kaku jadi lemas," ujarnya.

Di hari kedua festival, Jro Dalem sudah menangani puluhan pasien. Sementara di kediamannya, Jro Dalem menangani pasien dalam waktu tertentu yakni Purnama dan Kajeng Kliwon. "Kalau di rumah, yang datang biasanya satu keluarga. Saya tangani bisa sampai jam sebelas malam," ungkap Jro Dalem. 7 nvi

Komentar