nusabali

36 PMR Terbaik PMI Bali Berangkat ke Jumbara Nasional IX Lampung Selatan

  • www.nusabali.com-36-pmr-terbaik-pmi-bali-berangkat-ke-jumbara-nasional-ix-lampung-selatan

DENPASAR, NusaBali.com - PMI Provinsi Bali mengirim 36 Palang Merah Remaja (PMR) terbaik untuk mengikuti Jumpa, Bakti, dan Gembira (Jumbara) Nasional IX Tahun 2023 di Lampung Selatan, Provinsi Lampung pada 2-10 Juli 2023 mendatang.

Jumbara merupakan ajang lima tahunan Palang Merah Indonesia (PMI) untuk mengevaluasi pola pembinaan dan pelatihan PMR di tanah air. PMR terdiri dari tiga tingkatan yakni Mula untuk SD, Madya untuk SMP, dan Wira untuk SMA.

Untuk tahun 2023 ini, Jumbara memasuki edisi IX yang seharusnya dilaksanakan pada tahun 2021 silam. Mengingat  masih kondisi pandemi, edisi lanjutan dari Jumbara Nasional VIII Tahun 2016 di Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulawesi Selatan baru digelar pada tahun ini.

Ketua Bidang Pendidikan dan Pelatihan PMI Bali I Nyoman Puasha Aryana menuturkan, PMI Bali menyiapkan total 105 anggota rombongan termasuk 36 PMR guna menyukseskan ajang Jumbara Nasional IX. Di antaranya terdiri dari satu Koordinator Forum Remaja Palang Merah Indonesia (Forpis) PMI Bali, pembina, dan tim pendukung.

"Untuk memantapkan persiapan kontingen, PMI Provinsi Bali telah melaksanakan Pemusatan Latihan atau Training Center (TC) pada 11-15 Juni 2023 di Markas PMI Provinsi Bali, Jalan Imam Bonjol Km 3 Nomor 182 Denpasar," ujar Puasha di sela acara pelepasan kontingen pada Kamis (29/6/2023) sore.

Lanjut Puasha, kiprah PMI Bali sudah diakui secara nasional baik dalam pelaksanaan tugas-tugas kepalangmerahan maupun pembinaan PMR dan relawan. Pada Jumbaran Nasional VIII misalnya, kotingen PMR PMI Bali berhasil menyabet predikat Kontingen Terbaik I pada ajang di tahun 2016 itu.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra yang mewakilkan Gubernur Bali Wayan Koster melepas kontingen pada Kamis sore menginginkan prestasi ini bisa dipertahankan. Untuk itu, Dewa Indra meminta 36 PMR terbaik yang dikirim agar berjuang secara maksimal.

"Tetap jaga kesehatan. Semoga adik-adik bisa mengikuti Jumbara dengan sebaik-baiknya dan pulang membawa prestasi sebagai yang terbaik," pesan Dewa Indra saat melepas kontingen di Markas PMI Bali.

105 orang anggota rombongan Jumbara Nasional IX dari PMI Bali akan memulai perjalanan pada Sabtu (1/7/2023) melalui jalur udara menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Tangerang, Banten. Perjalanan menuju lokasi Jumbara di Lampung Selatan bakal ditempuh melalui jalur darat menggunakan bus. *rat

Komentar