nusabali

Pohon Timpa Mobil dan Motor Parkir di Penimbangan

  • www.nusabali.com-pohon-timpa-mobil-dan-motor-parkir-di-penimbangan

SINGARAJA, NusaBali - Sebuah pohon jenis Ketapang berukuran besar di Pantai Penimbangan, Banjar Dinas Dauh Margi, Desa Pemaron, Kecamatan/Kabupaten Buleleng, tumbang pada Kamis (29/6) sekitar pukul 15.25 Wita.

Tidak ada korban akibat peristiwa ini, namun pohon tumbang berdiameter sekitar 60 centimeter dan tinggi sekitar 12 meter ini merusak tiga unit kendaraan milik warga yang terparkir di bawahnya.

Kepala Pelaksana BPBD Buleleng, Putu Ariadi Pribadi mengatakan, kerugian atas peristiwa ini ditaksir mencapai Rp 30 juta. Adapun pohon tersebut tumbang disebabkan akar pohon sudah lapuk ditambah angin yang cukup kencang. Selain itu, pohon sebelumnya sempat ada bekas terbakar. Lantaran warga sempat membakar sampah di sekitar pohon.

Ariadi menyebut, tumbangnya pohon itu menimpa mobil Suzuki Ertiga DK 1313 UT milik Ni Nyoman Sumiani yang mengalami rusak sedang, motor Honda Scoopy DK 4155 UAF milik Kadek Ardi Anto mengalami rusak ringan, dan motor Yamaha Mio DK 4076 UW milik Nyoman Febri Yogantara mengalami rusak ringan.

"Pohon tumbang dan batangnya menimpa mobil dan motor. Akibatnya ada beberapa kerusakan ringan dan sedang. Selain itu, juga menimpa kabel PLN. Pohon tumbang juga sempat menutup akses jalan," ujar Ariadi.


Pohon tumbang itu langsung ditangani relawan warga bersama petugas Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Buleleng, dan masyarakat sekitar.

"Penanganan mulai sekitar pukul 15.40 Wita. Selesai penanganan pukul 16.20 Wita. Jalan Sempat macet beberapa saat, namun saat ini sudah bisa dilalui," imbuhnya.

Ia menambahkan, kerusakan kendaraan akibat pohon tumbang tersebut tidak bisa dicover bantuan. "Tidak mendapat, karena tidak masuk kriteria Perbub Nomor 57 Tahun 2022 tentang bansos yang tidak direncanakan akibat bencana atau musibah," ujarnya.

Ariadi pun mengimbau, agar masyarakat tetap berhati-hati dan selalu waspada akan terjadinya bencana. Kejadian pohon tumbang itu juga bukan kali ini saja terjadi. Pihaknya pun mengimbau kepada seluruh warga utamanya relawan desa untuk segera melaporkan kejadian kepada BPBD Buleleng agar segera mendapat penanganan. 7mzk

Komentar