nusabali

Waspadai Paparan Sinar Matahari Ekstrem, Ikuti Tips Cantik dari Dokter Nat

  • www.nusabali.com-waspadai-paparan-sinar-matahari-ekstrem-ikuti-tips-cantik-dari-dokter-nat

MANGUPURA, NusaBali.com – Sebagai negara tropis, matahari terus menyinari bumi pertiwi. Namun paparan sinar matahari terlalu ekstrem, punya dampak juga terhadap kesehatan dan kecantikan kulit.

Kaum perempuan yang sangat peduli pada kulit pun perlu melakukan perlindungan dan perawatan kulit secara utuh dan menyeluruh.

“Bagi perempuan yang sering beraktivitas penuh perlu melakukan perawatan dan perlindungan kulit untuk mengurangi dampak buruk akibat paparan sinar matahari ekstrem dan polusi udara,” pesan dr Nataliani Mawardi yang kerap disapa dr Nat.

Penggagas klinik kecantikan NMW ini memberikan tips saat tampil sebagai narasumber Boot Camp Miss Universe Bali dengan tema Spirit Your Beauty Your Choice di Kuta, Bali, Senin (26/6/2023).

Praktisi estetika dengan pengalaman lebih dari 30 tahun itu mengingatkan jika perlindungan dan perawatan kulit yang utuh perlu dilakukan sebelum, pada waktu dan setelah kita beraktivitas di luar ruangan, khususnya di masa terpaan matahari paling masif.

Dia mengingatkan agar perempuan Indonesia selalu tampil cantik dan sehat di segala aktivitas dan siap menaklukkan sinar matahari ekstrem.

“Tapi ingat, saya merekomendasikan sebaiknya tidak beraktivitas luar ruang saat matahari bersinar paling terik, sekitar jam 10 pagi hingga jam 2 siang,” katanya.

Dokter Nat memaparkan perawatan dan perlindungan kulit dimulai sebelum beraktivitas di luar ruang yakni menggunakan pelindung tabir surya atau sunscreen atau bahkan sunblock jika diperlukan.

Selain itu, pastikan juga untuk menggunakan pelindung tambahan seperti busana berbahan nyaman yang menutupi kulit, topi, atau payung.

“Di akhir hari, setelah kembali ke rumah, perawatan paling mendasar adalah mandi dan mencuci wajah,” tuturnya.

Dokter Nat menambahkan perawatan mendasar bisa meliputi penggunaan face wash atau sabun khusus wajah, toner, moisturizer atau pelembab dan serum.

“Ini merupakan upaya skincare routine yang begitu efektif dan bermanfaat melindungi sekaligus merawat kulit manusia,” ujarnya.

Dia menjelaskan skincare routine wajib kita lakukan setidaknya dengan facial wash, bisa juga gunakan toner untuk mengangkat sel kulit mati agar wajah terlihat cerah dan tidak kusam.

Setelah toner, gunakan serum vitamin C atau lainnya yang berfungsi menghidrasi dan melindungi kulit dari radikal bebas seperti polusi. Kemudian jangan lupa gunakan moisturizer untuk menjaga kulit tetap lembab.

Menurut dr Nat penting pula memiliki habit atau kebiasaan menjalani gaya hidup sehat: seperti menjaga hidrasi dengan cukup minum air putih, dan memastikan asupan nutrisi baik seperti buah dan sayur.

Sementara itu, Direktur Miss Universe Bali yang juga wirausaha muda Sally Giovanny menuturkan perempuan dengan beragam aktivitas dituntut pintar menjaga kesehatan tubuh merawat kecantikan, apalagi hidup di negeri tropis dengan sinar matahari sepanjang tahun.

Sally mengatakan melalui kegiatan boot camp yang mengusung tema Spirit Your Beauty Your Choice ini mengajak perempuan Indonesia siap tampil cantik dan sehat di segala aktivitas dengan perawatan dan perlindungan kulit jitu.    

“Setuju banget dengan pendapat dr. Nat perlunya perlindungan dan perawatan kulit nan utuh. Kapan sih kita harus merawat atau menjaganya? Ya mulai dari sekarang, jadi nggak ada waktu terlambat,” ujarnya.

Pegiat olahraga dan seorang cancer survivor, Feby Febiola mengatakan perawatan dan perlindungan kulit is-a-must, apalagi buat mereka yang giat berolahraga.

“Saya memilih berolahraga pada pagi atau sore hari agar tidak terpapar sinar matahari ekstrem,” kata Feby.

Dia menyebut aktif berolahraga dan menjalani beragam aktivitas juga membantu menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.

“Kecantikan dan kesehatan adalah bagai kekuatan utama bagi perempuan. Bukan hanya kecantikan luar, juga kecantikan dalam seperti hati yang bersih, senang memberi, jiwa welas asih,” tuturnya.

Komentar