nusabali

Siswa 5 SMPN di Karangasem Menangi FLS2N Bali

  • www.nusabali.com-siswa-5-smpn-di-karangasem-menangi-fls2n-bali

AMLAPURA, NusaBali - Puluhan siswa dari lima SMP di Karangasem memenangi juara FLS2N (Festival Lomba Seni Siswa Nasional) Tingkat SMP se-Karangasem tahun 2023. Mereka pun berhak mewakili Karangasem ke FLS2N Provinsi Bali Tahun 2023.

Kepala Bidang SD dan SMP Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem I Gusti Bagus Jaya Arsana, seizin Kadisdikpora I Wayan Sutrisna, memaparkan hal itu usai FLS2N Karangasem, di Aula Sabha Widya Praja, Kantor Disdikpora, Jalan Veteran, Amlapura, Jumat (23/6).

"Dari hasil lomba ini diketahui secara kualitas, tidak ada istilah sekolah pinggiran atau sekolah di kota. Asalkan mereka menang," jelas Jaya Arsana.

Setahunya, dewan juri berkompetensi dan berpengalaman dalam bidang masing-masing. Mereka kalangan akademisi, guru bidang seni rupa, dan praktisi seni. Dewan juri ini adil dan tidak berpihak, bertanggungjawab atas keputusannya. Mereka tidak ada jadi pembimbing seni para peserta di tingkat kabupaten.

Jaya Arsana menjelaskan dari lima nomor lomba, hanya satu nomor dimenangi peserta dari kota, yakni SMPN 2 Amlapura. Peseta dari SMP ini memenangi nomor lomba Pantomim, melalui pasangan I Made Restu Widhi Adnyana - I Kadek Evan Rahadi Dwi Kusuma, pemenang kedua dari SMPN 1 Amlapura melalui pasangan I Kadek Pasek Denisa Astawa - I Nyoman Tri Aditya.

Empat pemenang lainnya dari sekolah pinggiran, yakni cabang Menyanyi Solo dari SMPN 2 Selat, Luh Putu Indah Dewi Pertiwi, cabang Musik Tradisional dari regu SMPN 4 Bebandem. Regu ini  beranggotakan I Gede Ngurah Adnyana, Ida Bagus Panca Arta Wiguna, Ida Ayu Sila Wijayanti, I Gede Eka Permana dan I Putu Raditya Purnama Jaya. Cabang Tari Kreasi dari regu SMPN 3 Amlapura, beranggotakan Ni Kadek Andini Pratiwi, Ni Ketut Wita Sumarianti, dan Ni Nyoman Luna Mahayanti, dan cabang ilustrasi pemenangnya dari SMPN 3 Selat Kadek Mutia Trihapsari Hartawan.

Para pemenang tesrebut, jelas Jaya Arsana, nantinya sebagai wakil Karangasem di FLS2N Provinsi Bali, 15 Juli 2023. Pemenang tingkat Provinsi Bali berhak mewakili Provinsi Bali di FLS2N Nasional, 20 - 23 Juli, untuk memilih 10 terbaik di tiap nomor. Selanjutnya, babak final 5 - 9 Agustus di Jakarta.

Pembina seni Pantomim di SMPN 2 Amlapura, I Kadek Darma Susila menyukuri, FLS2N melombakan Pantomim. Sehingga siswa di Karangasem mulai mengenal seni itu. "Ini tantangan bagi saya untuk lebih mempopulerkan seni Pantomim di Karangasem. Sementara, baru SMPN 2 Amlapura dan SMPN 1 Amlapura yang mengenalkan seni ini kepada siswa," jelas Kasek SDN 4 Bukit, Kecamatan Karangasem ini.7k16

Komentar