nusabali

Disdikpora Jaring Siswa Berbakat di FLS2N

  • www.nusabali.com-disdikpora-jaring-siswa-berbakat-di-fls2n

AMLAPURA, NusaBali - Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Karangasem menjaring siswa berbakat bidang seni, melalui FLS2N (Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional) Tingkat Kabupaten Karangasem. Lomba untuk memilih peserta mewakili Karangasem di FLS2N Tingkat Provinsi Bali.

FLS2N Karangasem hari pertama di Gedung Mall Pelayanan Publik, Jalan Gajah Mada, Amlapura, Senin (22/4). Dua nomor lomba  di hari pertama, menyanyi solo tingkat SD dan SMP, dan kreativitas musik tradisional. Sedangkan lomba di hari kedua, pantomim, tari kreasi, ilustrasi dan gambar bercerita di Aula SMPN 5 Amlapura, Selasa (23/4). 

Ketua Panitia I Gusti Lanang Sangkan mengatakan, FLS2N rutin dilaksanakan setahun sekali untuk menjaring siswa berbakat bidang seni untuk mewakili Karangasem di FLS2N Tingkat Provinsi Bali.

"Nanti tiap nomor diambil dua peserta terbaik sebagai wakil Karangasem di FLS2N Provinsi Bali," tambahnya. Peserta untuk menyanyi solo tingkat SD hanya 5 siswa, yakni Tanisha Amira Kiran dari SDN 1 Karangasem, I Putu Rama Prasetya Mahendra dari SD Insan Mandiri Amlapura, Ni Putu Anandhita Kinanti dari SDN 4 Padangkerta, Ni Komang Lenita Octaviani dari SDN 3 Pertima, Kecamatan Karangasem dan Gusti Ayu Rania Mandacetta dari SD Insan Mandiri Amlapura, dengan lagu wajib, Andai Kupunya Sahabat.

Sedangkan nomor menyanyi solo tingkat SMP, pesertanya 14 siswa, tiap SMP negeri mengirim satu peserta hanya 2 peserta putra selebihnya 12 peserta putri.

Bertindak sebagai dewan juri, I Gusti Bagus Bengkel, I Kadek Budiarta, dan Gusti Ayu Ariantini. "Semua siswa yang ambil bagian di lomba nyanyi solo, berbakat. Tinggal mengoptimalkan bakat mereka," jelas I Gusti Bagus Bengkel.

Caranya, kata dia, dengan lebih banyak menggelar lomba, sehingga bakat mereka terus bisa terasah. Hal senada dipaparkan dewan juri I Kadek Budiarta. "Ya, rata-rata siswa itu berbakat, dengar sendiri suaranya, merdu dan menghibur, hanya saja, lomba sangat jarang dilaksanakan di Karangasem," kata Budiarta.

Sedangkan, lomba pantomim sedianya dilaksanakan Selasa (23/4), khusus untuk tingkat SD, tanpa seleksi. Sebab, hanya satu SD yang ambil bagian, dari SDN 4 Bukit, Kecamatan Karangasem di bawah binaan Kasek I Kadek Darma Susila.

Dua siswa dari SDN 4 Bukit yang otomatis lolos ke FLS2N Provinsi Bali, atas nama I Komang Candra Oka Saputra kelas IV dari Banjar Sekargunung, Desa Bukit dan I Nyoman Ery Sardiartha kelas III dari Banjar Sekargunung, Desa Bukit.

"Selama ini SDN 4 Bukit sering mewakili Karangasem di Lomba Pantomim Tingkat Provinsi Bali," katanya.

Sedangkan peserta tari kreasi dari SMPN 2 Abang, menurut Kasek Dr I Wayan Sarya siap berlomba. "Kami bawakan tarian menganyam ata," jelas I Wayan Sarya di sela-sela gladi di SMPN 5 Amlapura.7k16

Komentar