nusabali

Sayu Bella Dkk Jalani Latihan Gabungan

  • www.nusabali.com-sayu-bella-dkk-jalani-latihan-gabungan

JAKARTA, NusaBali - Atlet asal Bali Sayu Bella Sukma Dewi bersama lima atlet balap sepeda MTB menjalani latihan gabungan di Pelatnas pada Kamis (15/6), di Yogyakarta.

Latihan tersebut untuk persiapan Asian Games 2023 di Hangzhou, China pada 23 September hingga 8 Oktober 2023. Keenam atlet itu mengikuti Pelatnas balap sepeda sejak awal Juni lalu.

"Ada enam atlet balap sepeda MTB dipanggil kembali. Mereka tetap berlatih di lereng Gunung Merapi," ujar Pelatih Timnas MTB, Dwi Kurniawan, Kamis (15/6).

Menurut Dwi Kurniawan, keenam atlet tersebut membela Indonesia di SEA Games pada 5-17 Mei 2023 di Kamboja. Yakni, Zaenal Fanani, Feri Yudoyono, Ihza Muhammad, Dela Anjar Wulan, Dara Latifah dan Sayu Bella. 

Usai SEA Games mereka pulang dan berlatih di daerah masing-masing. Kini saat latihan gabungan siap mengikuti program. Menurut Dwi Kurniawan, keenam atlet itu nantinya menjalani latihan setiap hari di Pelatnas, karena mereka ditargetkan meraih satu medali emas Asian Games.

Tim pelatih pun optimis mewujudkan target tersebut, meski Sayu dkk baru pertama kali berlaga di Asian Games. Pasalnya, saat Kejuaraan Asia pada Oktober 2022 di Korea Selatan, atlet MTB Indonesia mampu di peringkat ketiga kategori Man Elite dan runner up untuk Women U-20.

Dwi Kurniawan mengakui, memang tak mudah bagi mereka membawa pulang satu medali emas Asian Games. Sebab persaingan cukup ketat, terutama para pembalap sepeda Kazakhstan, Jepang, Korea Selatan dan tuan rumah China. Namun, dengan persiapan matang dan latihan intensif, Dwi Kurniawan yakin anak didiknya mampu merealisasikan target tersebut.

"Kami tetap optimis menghadapi pertandingan di sana. Kami akan berusaha maksimal," kata Dwi Kurniawan. 

Sebagai persiapan ke Asian Games China, atlet MTB diagendakan try out di dua tempat dan kini masih menanti keputusan keberangkatan.

Namun Dwi mengakui belum tahu berangkat atau tidak. Pertama World Cup pada 30 Juni-2 Juli 2023 di Italia. Selanjutnya, World Champions pada 8 Agustus 2023 di Inggris. k22

Komentar