nusabali

West Ham Raih Trofi Eropa Usai Menanti 58 Tahun

  • www.nusabali.com-west-ham-raih-trofi-eropa-usai-menanti-58-tahun

LONDON, NusaBali - Gol larut Jarrod Bowen membawa West Ham United meraih trofi Liga Conference, dengan mengalahkan Fiorentina 2-1, pada laga final di Stadion Eden Arena, Praha, Kamis (8/6) dinihari WITA.

Sukses tersebut jadi gelar Eropa pertama West Ham setelah menanti 58 tahun. The Hammers terakhir kali menjuarai UEFA Cup Winners pada 1964/1965.

Pada laga itu, West Ham unggul lebih dulu berkat penalti Said Benrahma. Fiorentina membalas melalui gol Giacomo Bonaventura. Namun gol Bowen pada menit ke-90 membawa klub London itu meraih gelar UEFA Conference League, setelah berjuang dari ancaman degradasi di Premier Leage.

Pada laga itu Fiorentina sebenarnya mendominasi pertandingan dengan mencatat 68 persen penguasaan bola dan melepaskan 17 tendangan, yang empat di antaranya tepat sasaran. Namun West Ham dapat tampil efektif, dan kuat di barisan pertahanan.

Karena itulah, pelatih West Ham David Moyes (60 tahun) menyebutkan, sukses membawa klub jadi juara UEFA Conference League (UECL) 2022/2023 menjadi momen luar biasa dalam hidupnya.

“Ini luar biasa. Saya memiliki karir yang panjang di sepak bola dan Anda tidak mendapatkan banyak momen seperti ini, tetapi untungnya malam ini kami mendapatkan hasil yang kami inginkan,” kata Moyes, di laman resmi klub, Kamis.

Dilansir Transfermarkt, sejak mengawali karier kepelatihannya pada 1998, Moyes melatih enam klub, yaitu Preston North End, Everton, Manchester United, Real Socieded, Sunderland, dan West Ham United. Dari enam klub itu, prestasi terbesar Moyes sebelum memenangkan trofi UECL adalah menjuarai Community Shield pada 2013 saat dia menangani MU.

Performa Moyes bersama West Ham di English Premier League (EPL) 2022/2023 menurun dari musim sebelumnya dengan finis di posisi ke-14 dengan 40 poin, setelah finis di posisi ketujuh dengan 56 poin pada musim lalu.

Namun, Declan Rice dkk justru tampil beringas bahkan hampir meraih rekor sempurna saat menjuarai kompetisi antar klub kasta ketiga di Eropa itu, yaitu 12 kemenangan dan satu imbang.

Sebagai juara UECL, West Ham pun dipastikan kembali berpartisipasi pada kompetisi Eropa musim depan, yakni UEFA Europa League (UEL). Pada musim 2021/2022, klub yang bermarkas di London Stadium itu tembus semifinal.

Sementara pelatih ACF Fiorentina Vincenzo Italiano kecewa dengan kekalahan 1-2 di laga final. Italiano menilai timnya tidak pantas kalah dari West Ham karena skuad asuhannya bermain bagus.

Livescore mencatat, La Viola mendominasi laga dengan 63 persen penguasaan bola dengan sembilan tendangan yang empat di antaranya tepat sasaran. The Hammers hanya 37 persen penguasaan bola dengan enam tendangan dan empat di antaranya tepat sasaran. ant

Komentar