nusabali

Comeback Dramatis Dortmund, Pukul Balik Atletico Madrid

  • www.nusabali.com-comeback-dramatis-dortmund-pukul-balik-atletico-madrid

DORTMUND, NusaBali.com – Borussia Dortmund berhasil melaju ke semifinal Liga Champions untuk pertama kalinya dalam 11 tahun setelah menampilkan comeback luar biasa di babak kedua untuk mengalahkan Atletico Madrid dengan agregat 5-4.

Setelah kalah 1-2 pada leg pertama di Madrid, Dortmund membalas dengan kemenangan 4-2 dalam laga leg 2  perempatfinal di Signal Iduna Park, Dortmund, Selasa (16/4/2024) waktu setempat.

Julian Brandt dan pemain pinjaman dari Chelsea, Ian Maatsen, sama-sama mencetak gol dari sudut sempit di babak pertama.

Namun, Atletico Madrid berhasil membuat skor menjadi 2-1 untuk malam itu dan 3-3 secara agregat ketika sundulan Mario Hermoso membentur bek Dortmund Mats Hummels dan masuk ke gawang.

Angel Correa kemudian membawa Atletico Madrid unggul agregat 4-3 ketika ia menceploskan bola rebound dari jarak dekat pada menit ke-64.

Tetapi Dortmund kembali menyamakan agregat dalam babak kedua yang mendebarkan. Niclas Fullkrug memanfaatkan umpan silang Marcel Sabitzer dengan sundulan ke gawang pada menit ke-71.

Dan kurang dari tiga menit kemudian, Sabitzer mencetak gol kemenangan Dortmund dengan sepakan mendatar ke sudut gawang untuk melengkapi pertandingan perempat final yang luar biasa - dan menyiapkan pertemuan semifinal melawan Paris St-Germain yang pada saat sama menyingkirkan Barcelona.

Bek Dortmund Maatsen, yang golnya membawa Dortmund unggul agregat 3-2, mengatakan bahwa ia telah memimpikan momen seperti ini.

"Ini adalah perasaan yang luar biasa," katanya kepada CBS. "Terutama sekarang mencetak gol hebat dan gol pertama saya di Liga Champions, jadi saya sangat bersyukur dan sangat senang."

Maatsen, 22 tahun, menandatangani perpanjangan kontrak dengan klub induknya Chelsea pada Januari sebelum bergabung dengan Dortmund dengan status pinjaman hingga akhir musim.

Pemain Belanda itu bermain di Championship musim lalu saat dipinjamkan ke Burnley.

"Saya selalu memiliki keyakinan untuk bermain untuk Chelsea tetapi sayangnya karena beberapa alasan itu tidak berhasil," tambahnya.

"Tapi, sekarang saya di sini, saya sangat bersyukur atas kesempatan ini. Saya datang ke sini untuk merasakan level tertinggi dan memainkan permainan saya dan hari ini saya pikir saya menunjukkan penampilan yang sangat bagus."

Dortmund belum pernah mencapai empat besar Liga Champions sejak mereka menjadi runner-up pada 2012-13.

Ini baru kali keempat klub Jerman itu lolos melewati perempat final.

Pencapaian mereka bahkan lebih luar biasa mengingat mereka tertinggal 2-0 pada leg pertama di Madrid dan tampak tidak berdaya saat turun minum.

Tetapi di Jerman mereka tampil tanpa ampun dengan kemenangan 4-2 atas lawannya sekaligus mencatat agregat 5-4.

Komentar