nusabali

Aston Villa Selamatkan Wajah Liga Inggris

Liverpool dan West Ham Tersingkir dari Liga Europa

  • www.nusabali.com-aston-villa-selamatkan-wajah-liga-inggris

LONDON, NusaBali - Aston Villa menyelamatkan wajah Liga Primer Inggris dalam kompetisi tingkat Eropa musim ini. Ya, The Villans menjadi satu-satunya klub dari Inggris yang masih bertahan dan lolos ke semifinal UEFA Conference League, Jumat (19/4) dinihari Wita.

Kiper timnas Argentina, Emiliano Martinez, menjadi pahlawan kelolosan Aston Villa lewat adu penalti 4-3 untuk menyingkirkan tuan rumah LOSC Lille Prancis. Kedua tim melanjutkan laga adu penalti setelah agregat imbang 3-3 sampai akhir extra time.

Pada pertemuan pertama di Birmingham, Villa menang 2-1.  Dalam partai kedua, skor identik bagi keunggulan Lille juga bertahan selama 120 menit. Matty Cash menyelamatkan Villa pada menit ke-87 untuk menebus gol Yusuf Yazici dan Benjamin Andre, yang membawa Lille unggul 2-0. 

Saat adu penalti, gelandang Douglas Luiz memastikan langkah Villa ke semifinal. Villa kini menjadi satu-satunya tim asal Inggris, yang lolos ke semifinal tiga kompetisi Eropa, yakni UEFA Conference League.

Sedangkan dua tim yang bertarung di UEFA Europe League, yakni Liverpool dan West Ham United, juga kandas pada Jumat dinihari Wita. Sebelumnya, wakil Inggris di UEFA Champions League, yakni Manchester City dan Arsenal juga tersingkir Kamis lalu. 
 
Liverpool meski menang 1-0 atas tuan rumah Atalanta di leg kedua, tersingkir dari Liga Europa, karena kalah 0-3 pada leg pertama di Anfield. Demikian juga West Ham gagal membalas kekalahan 0-2 dari Bayer Leverkusen di leg pertama, dan hanya imbang 1-1 pada leg kedua   di London, Jumat dinihari. 

Sebelumnya di Liga Champions, Manchester City kalah adu penalti 4-3 dari Real Madrid di laga leg kedua dan Arsenal kalah 0-1 dari Bayern Muenchen juga di leg kedua.

Kini empat tim dipastikan melaju ke semifinalis Liga Europa 2023/2024 yaitu Olimpique Marseille, Atalanta, AS Roma dan Bayer Leverkusen. Pada leg kedua perempatfinal, Marseille jadi tim terakhir yang lolos tiket empat besar setelah menyingkirkan wakil Portugal Benfica melalui adu penalti 4-2. 

Atalanta meski kalah 0-1 di kandang dari Liverpool tetap unggul agregat 3-1 setelah menang 3-0 di Anfield pekan lalu. Leverkusen bermain imbang 1-1 di kandang West Ham United dan lolos ke semifinal lewat kemenangan agregat 3-1. AS Roma menang 2-0 atas AC Milan di leg kedua sekaligus membuat agregat menjadi 3-0.

Leg pertama semifinal akan digelar pada 2 Mei dan leg kedua pada 9 Mei. Lalu final Liga Europa di Aviva Stadium, Dublin pada 22 Mei. SelainAston Villa, Fiorentina juga lolos ke semifinal Liga Conference setelah menang agregat 2-0 atas wakil Republik Ceko, Viktoria Plzen, di Stadion Artemio Franchi, Florence, Fiorentina.

Selain Aston Villa dan Fiorentina, wakil Yunani yaitu Olympiacos turut melaju ke babak semifinal setelah menyingkirkan Fenerbahce lewat drama adu penalti 3-2.

 Selanjutnya ada perwakilan Belgia Club Brugge yang menyingkirkan wakil Yunani PAOK FC dengan agregat 3-0 setelah mampu menang dengan skor 2-0 di leg kedua. ant

Komentar