nusabali

TMMD Perpendek Jarak Tempuh Warga Menuju Rumah Tinggal

  • www.nusabali.com-tmmd-perpendek-jarak-tempuh-warga-menuju-rumah-tinggal

GIANYAR, NusaBali - Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Banjar Selat, Desa Siangan, Kecamatan/Kabupaten Gianyar membuka lembaran baru bagi warga setempat.

Warga tidak lagi ‘terisolir’ karena anggota Kodim 1616/Gianyar melakukan pelebaran jalan hingga bisa dilalui kendaraan roda empat. Warga setempat tidak lagi berjalan kaki sejauh 100 meter melintasi pematang sawah menuju rumah tinggal mereka. 

Warga Banjar Selat, Ni Made Rumiani, 40, tak menyangka jalan menuju rumah tinggalnya kini bisa dilalui kendaraan roda empat. Sebelum program TMMD, Rumiani berjalan kaki sejauh 100 meter menapaki pematang sawah untuk menuju ke rumahnya. Sejak program TMMD yang diselenggarakan Kodim 1616/Gianyar, jalan di depan rumahnya jadi lebar. Selain bisa dilalui satu unit mobil, jalan itu juga mempermudah warga Banjar Selat menuju Banjar Roban, Desa Suwat atau sebaliknya.


Adanya pelebaran jalan menjadikan pertanian lebih produktif. Para petani bisa langsung menurunkan pupuk di sawahnya, mempermudah petani mengairi sawah, dan mempermudah membawa hasil panen. Sebelum adanya pembukaan jalan ini, petani biasanya berjalan kaki sejauh satu kilometer membawa pupuk. Berjalan kaki sejauh dua sampai tiga kilometer untuk mengairi sawah. Petani kesulitan menjual hasil pertanian karena aksesnya hanya pematang sawah.

Kelian Banjar Selat, I Wayan Sutarya menegaskan, jalan ini sangat dibutuhkan warga, terutama petani. “Banyak petani yang jarak rumah ke sawah sangat jauh. Dulu harus berjalan kaki sejauh dua sampai tiga kilometer, sekarang bisa pakai motor. Sebelum ada jalan, petani juga sulit menjual padi,” ujar Sutarya. Dandim Gianyar, Letkol Inf Eka Wira Darmawan menjelaskan, sasaran membuka jalan usaha tani penghubung Banjar Selat ke Banjar Roban sejauh 1.390 meter. Diawali dengan pembukaan lahan dan perabatan. 

Selain membuat jalan, juga pembuatan drainase dengan volume 132 meter3. Pembuatan gorong-gorong pipa beton tanpa tulangan dengan ukuran masing-masing panjang 24 meter dengan diameter 30 centimeter. “Personel yang terlibat sebanyak 130 orang. Target selesai 30 hari sejak dikerjakan 10 Mei 2023,” ujar pria yang akrab disapa King Sparco ini. 7 nvi

Komentar