nusabali

TMMD Ke-119 Resmi Ditutup, Pangdam IX/Udayana: Wujudkan Desa Maju dan Sejahtera!

  • www.nusabali.com-tmmd-ke-119-resmi-ditutup-pangdam-ixudayana-wujudkan-desa-maju-dan-sejahtera

AMLAPURA, NusaBali.com – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-119 resmi ditutup pada Rabu (20/3/2024) di Lapangan SMAN 1 Manggis, Desa Ulakan, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem. Upacara penutupan dipimpin langsung oleh Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Bambang Trisnohadi.

TMMD merupakan program unggulan TNI yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dan membangun desa. Pada TMMD ke-119 ini, tema yang diusung adalah “Darma Bakti TMMD Mewujudkan Percepatan Pembangunan di Wilayah”. Program ini telah berlangsung selama 30 hari, dari tanggal 20 Februari hingga 20 Maret 2024, di 4 Kodim Jajaran Kodam IX/Udayana, yaitu Kodim 1602/Ende, Kodim 1618/TTU, Kodim 1606/Mataram, dan Kodim 1623/Karangasem.

Berbagai sasaran fisik dan non fisik telah dicapai dalam TMMD ke-119 ini. Sasaran fisik meliputi pembangunan infrastruktur, seperti jalan, jembatan, MCK, dan fasilitas umum lainnya. Sedangkan sasaran non fisik meliputi penyuluhan dan sosialisasi tentang kesehatan, pendidikan, dan wawasan kebangsaan.

Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Bambang Trisnohadi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa TMMD bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. “TMMD merupakan wujud nyata kepedulian TNI terhadap rakyat,” tegasnya.

Pada tahun ini, program TMMD akan mengalami penambahan jumlah kegiatan, sebanyak 4 kali dalam setahun. Hal ini diharapkan dapat mempercepat pembangunan di wilayah dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Pangdam IX/Udayana mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kelancaran program TMMD ke-119. “Semoga hasil TMMD ini dapat bermanfaat bagi masyarakat,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam IX/Udayana juga menyerahkan sembako dan 2 unit kunci rehab rumah tidak layak huni (RTLH) kepada warga. Selain itu, Pangdam IX/Udayana juga meninjau beberapa program yang dijalankan, seperti stand UMKM, stand tim kesehatan Keluarga Berencana, stand pembuatan SIM, dan akses jalan yang menghubungkan Desa Selumbung dan Desa Sibetan. *ol4


Komentar